Health

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Tidur yang berkualitas tentu menjadi prioritas setiap orang, karena di situlah waktu seseorang untuk merelaksasikan badan dari kegiatan yang dilakukan seharian. Pada umumnya orang membutuhkan waktu untuk tidur kurang lebih 8 jam. Termasuk posisi tidur yang baik untuk ibu hamil juga penting untuk diketahui, hal ini bertujuan agar ibu hamil dan janin dapat istirahat dengan nyaman. Karena tidurnya ibu hamil lain dengan biasanya terdapat beberapa perubahan fisik maupun hormon yang menyebabkan susah tidur.

Terdapat beberapa keluhan yang biasa terjadi pada ibu hamil seperti kram pada kaki, nyeri otot, kondisi perut yang semakin besar, nyeri punggung, ulu hati. Di mana kondisi-kondisi seperti ini yang menyebabkan ibu hamil bingung dan susah mencari posisi tidur yang nyaman.Untuk mengurangi keluhan susahnya tidur ibu hamil, berikut ini adalah beberapa rekomendasi posisi tidur yang baik untuk ibu hamil.

Untuk usia kehamilan muda atau di trimester 1 mungkin ibu hamil masih bisa tidur dengan posisi normal seperti biasanya miring ke kanan maupun kiri atau bahkan telentang. Namun, seiring bertambahnya usia kehamilan maka perkembangan janin juga semakin besar. Masuk ke trimester 2 ibu hamil akan merasakan susahnya mencari posisi tidur yang benar dan nyaman.

Disarankan kepada ibu hamil untuk tidur dengan posisi miring ke kiri, mengapa demikian?dengan tidur miring ke kiri maka aliran darah ke plasenta akan meningkat, sehingga kebutuhan akan aliran darah pada janin bisa didapat secara optimal. Posisi tersebut juga dapat mencegah rahim menekan organ hati yang berada di perut bagian kanan. 

Rekomendasi Posisi Tidur Ibu Hamil

Selain posisi tidur yang baik untuk ibu hamil sesuai saran di atas masih terdapat beberapa posisi yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Letakkan bantal tepat di bawah perut dan di antara lutut, hal ini bertujuan untuk menjaga posisi ibu hamil agar tetap miring.
  2. Ibu hamil juga bisa meletakkan bantal di bagian bawah tubuh agar dada terangkat dan mengurangi sesak napas yang terjadi.
  3. Tumpuk beberapa bantal agar kepala lebih tinggi untuk pencegahan asam lambung naik ke tenggorokan
  4. Anda juga bisa menumpu bantal pada bagian kaki untuk mengurangi rasa Lelah atau kram yang biasa terjadi pada ibu hamil
  5. Tidur dengan posisi ¾, caranya dengan menekuk satu kaki dan kaki yang satunya terentang dengan bantal di antara paha. Cara ini dapat mengurangi ketegangan otot dan sendi
  6. Saat ini sudah banyak sekali bantal-bantal khusus untuk ibu hamil, dengan desain khusus dan bahan yang nyaman. Ibu hamil dapat memposisikan tidur yang nyaman

Selain itu untuk kenyamanan ibu hamil tidak apa-apa menggunakan banyak bantal dan meletakkan di mana pun :di bawah lengan, bawah perut, belakang punggung, bawah kepala, bantal penopang leher. Itulah beberapa tips posisi tidur yang baik untuk ibu hamil yang dapat diterapkan.