Health

5 Cara Meluruskan Rambut secara Alami tanpa Alat

By Erwin |

Memiliki rambut lurus memang menjadi impian sebagian orang, khususnya para wanita. Banyak perawatan yang dapat dilakukan untuk memenuhi impian tersebut. Salah satunya adalah dengan cara meluruskan rambut secara alami alias tanpa menggunakan alat maupun obat pelurus rambut. 

Seperti yang dikutip dari Buku Buat Cewek, Lisa Ekuirisa, (2020:9), bahwa mayoritas wanita ingin memiliki rambut lurus. Hanya saja banyak yang menggunakan cara instan seperti rebonding untuk mendapatkan rambut lurus, sehingga tak sedikit yang mengalami efek samping. 

Sebagai alternatif, penggunaan bahan-bahan alami juga dapat membantu meluruskan dan melembutkan rambut. Bahan-bahan tersebut akan memberikan hasil yang maksimal jika digunakan secara rutin. 

5 Cara Meluruskan Rambut secara Alami 

Jika tidak memiliki alat catok atau tidak ingin rebonding di salon, maka gunakan cara meluruskan rambut secara alami dan aman berikut ini: 

1. Gunakan Minyak Esensial

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan minyak esensial. Beberapa minyak esensial untuk rambut di antaranya adalah minyak almond, minyak argan, dan minyak kelapa. 

Minyak esensial dapat lebih mudah diserap oleh rambut dibandingkan dengan produk-produk yang mengandung bahan kimia. Penggunaan minyak ini secara teratur akan membuat rambut lebih halus, lembut, mudah diatur, dan lebih lurus.

2. Gunakan Lidah Buaya

Berikutnya, ada lidah buaya. Tumbuhan yang satu ini dipercaya dapat meluruskan rambut lurus secara alami, sehingga dapat ditata dengan lebih mudah. Kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya juga dapat membuat rambut menjadi lebih halus dan lembut. 

3. Gunakan Cuka

Selain minyak esensial dan lidah buaya, ternyata cuka juga menjadi alternatif untuk meluruskan rambut secara alami. Campurkan lima tetes cuka ke dalam air di sebuah wadah. Lalu aplikasikan pada rambut yang ingin diluruskan. Diamkan sebentar, kemudian bilas menggunakan air biasa. 

4. Gunakan Daun Seledri

Remas-remas beberapa lembar daun seledri dan berikan sedikit air. Setelah itu, saring airnya dan oleskan ke rambut hingga merata. Pijat perlahan-lahan agar air seledri meresap, lalu diamkan beberapa saat. Selanjutnya, keramas seperti biasa menggunakan sampo.  

5. Gunakan Masker Telur dan Tepung Beras 

Bahan yang terakhir adalah campuran telur dan tepung beras. Pisahkan 1 putih telur lalu campurkan dengan 5 sendok makan tepung beras. Setelah itu, aduk masker rambut organik ini sampai mengental. 

Aplikasikan masker alami ini ke seluruh bagian rambut, mulai dari ujung hingga bawah. Kemudian, gunakan gerakan memutar untuk memijat kepala sekitar 2-3 menit. Biarkan masker ini di rambut selama 1 jam. Kemudian, bilas dengan air hangat dan sampo sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 2 kali seminggu.  

Cara meluruskan rambut secara alami di atas dapat diaplikasikan secara rutin dan teratur agar mencapai hasil yang maksimal. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan bahan-bahan alami tentunya efeknya tidak akan seinstan proses meluruskan rambut dengan rebonding atau smoothing

Share

Trending Article

Article Category