Health

5 Daftar Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat Batuk

By Admin |

Pada dasarnya buah-buahan baik dikonsumsi kapan dan dimana saja. Tapi tahukah Anda bahwa ada buah yang tidak boleh dimakan saat batuk. Buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi pada saat seseorang mengalami batuk, baik batuk berdahak, atau jaga batuk kering, umumnya jenis buah yang mengandung zat bernama histamin. Adapun jenis buah yang dimaksud, antara lain :

1. Pisang

Pisang sendiri kaya akan kandungan potasium. Dimana kandungan tersebut mampu mengatur tekanan pada darah, yang ternyata hal tersebut, sebaiknya tidak dikonsumsi, ketika seseorang sedang terkena batuk.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Annals of Dermatology, pisang juga ternyata mampu memicu tubuh, untuk mengeluarkan Histamin sendiri, adalah zat yang diproduksi oleh tubuh, untuk memicu alergi, dalam hal ini alergen, atau pemicu reaksi alergi pada tubuh. Hasilnya tubuh akan mengeluarkan reaksi alergi tertentu, seperti gatal pada kulit, bersih atau juga batuk.  

2. Alpukat

Bagi Anda penggemar buah alpukat, ada baiknya jika menghentikan sementara konsumsi buah alpukat, selama Anda mengalami batuk. Karena ternyata buah yang kaya akan vitamin E tersebut, dapat menyebabkan batuk.

Ternyata buah yang satu ini, mengandung zat antihistamin yang cukup tinggi. Bahkan berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan, bahwa terdapat 23 mg/kg histamin, terdapat dalam 1 buah alpukat.

Seperti yang disebutkan di atas, mengingat alpukat, mengandung histamin yang tinggi, maka secara tidak langsung, hal tersebut mampu meningkatkan reaksi tubuh, akan alergen yang ada di sekitar. Hasilnya, Anda yang mempunyai alergi, membuat batuk semakin menjadi.  

3. Jeruk

Adapun buah yang tidak boleh dimakan saat batuk lainnya, yaitu jeruk. Jeruk sendiri, termasuk ke dalam keluarga citrus, yang kaya akan kandungan asam sitrat. Kandungan tersebut, dapat menyebabkan refluks atau aliran balik pada asam lambung.

Secara tidak langsung kondisi tersebut, dapat memperparah gejala batuk, yang terjadi lantaran paparan asam lambung, yang terjadi di tenggorokan.

Tapi lain halnya ketika Anda tidak mengalami asam lambung. Buah tersebut terbilang baik, lantaran mampu meningkatkan kekebalan tubuh, lantaran kandungan vitamin C-nya. Dengan catatan, mengonsumsinya jangan terlalu banyak, karena hal tersebut, juga dapat memicu batuk.

4. Strawberry

Buah cantik yang satu ini, juga ternyata masuk ke dalam kategori buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi ketika sedang batuk. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Medicine Netherlands, buah yang satu ini ternyata mampu memicu produksi histamin pada tubuh.

Pada beberapa kasus, orang mengalami reaksi alergi terhadap strawberry, yang membuat dirinya mengalami batuk batuk.  

5. Nanas  

Sama seperti buah lainnya, buah yang satu ini, juga dapat memicu reaksi batuk. Walaupun pada beberapa penelitian, nanas mengandung bromelain, dimana kandungan tersebut, dapat mengencerkan dahak.

Demikianlah beberapa ulasan tentang jenis buah yang tidak boleh dimakan saat batuk. Jadi bagi Anda yang saat ini sedang batuk, ada baiknya jika menghindari terlebih dahulu, beberapa buah-buahan yang telah disebutkan di atas.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category