Health

5 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

By Erwin |

Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan berguna bagi kesehatan tubuh. Maka tidak heran kalau sayuran bisa dengan mudah Anda temui di berbagai hidangan. Namun ternyata bagi penderita asam lambung, tidak semua sayuran bisa dikonsumsi. Ada sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung.

Sayuran Pemicu Asam Lambung

Asam lambung merupakan kondisi dimana asam dari lambung mengalir balik ke kerongkongan. Bila kondisi semacam ini terus saja terjadi, Anda akan merasakan gejala seperti sensasi terbakar atau heartburn mulai dari perut, dada, hingga tenggorokan.

Naiknya asam lambung tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman. Salah satu langkah untuk mencegah asam lambung adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

Tidak hanya mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak dan juga garam, Anda juga perlu memperhatikan makanan seperti apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi termasuk beberapa sayuran berikut yang memang bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung.

1. Tomat

Tomat memiliki nutrisi yang cukup banyak, sayangnya tomat memiliki kandungan asam yang tinggi. Jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan maka akan menyebabkan Anda mulas dan heartburn. Akan tetapi, bagi penderita asam lambung yang masih ingin memakannya, harus tahu terlebih dahulu tingkat toleransi saat memakan tomat, sehingga tidak berlebihan. 

2. Kubis

Kubis menjadi salah satu sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung. Sayuran yang biasanya dijadikan sebagai bahan pembuat salad dan diolah menjadi sayur tumis ini ternyata tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Gula yang terkandung dalam kubis menyebabkan lambung Anda menghasilkan gas yang lebih banyak. Hal ini akan membuat perut Anda kembung, sering bersendawa, dan juga buang angin. Kandungan serat yang tinggi pada kubis juga membuatnya sulit untuk dicerna. Jika Anda tetap ingin mengonsumsinya, pastikan untuk mengonsumsi yang sudah matang dan hindari yang masih mentah. 

3. Sawi

Sawi menjadi sayuran lainnya yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan sawi mengandung gula kompleks yang berpotensi menghasilkan gas berlebih pada lambung. Kondisi semacam ini bisa membuat asam lambung Anda naik dan Anda merasa mual.

4. Kol

Sama halnya dengan beberapa sayuran sebelumnya, kol juga bisa menyebabkan timbulnya gas pada lambung, yang membuat asam lambung naik bahkan hingga ke kerongkongan. Sayuran yang satu ini juga memiliki kandungan gula kompleks yang membuatnya sulit untuk dicerna. Jadi, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kol agar asam lambung tidak kambuh.

5. Cabai

Rasa pedas yang dihasilkan dari cabai membuat Anda merasakan sakit perut dan gejala terbakar. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab asam lambung naik, sehingga Anda tidak boleh mengonsumsi cabai ataupun makanan pedas.

Itulah beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung, pastikan Anda selalu mengonsumsi sayuran yang memang memberikan manfaat bagi kesehatan tanpa memberikan efek lain yang tidak baik bagi lambung Anda.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category