Health

7 Olahraga Pembentuk Otot yang Efektif, Apa Saja Ya?

By Erwin |

Bagi Anda yang mendambakan tubuh berotot nan sehat, ada berbagai pilihan olahraga pembentuk otot yang bisa Anda coba. Jenis olahraga seperti ini pada dasarnya akan membantu Anda meningkatkan massa otot, terutama otot-otot besar. Misalnya otot kaki, otot dada, dan otot punggung.

Squat

Salah satu rekomendasi olahraga yang bisa Anda lakukan adalah squat. Olahraga yang satu ini sangat simpel, terutama karena bisa Anda lakukan di mana saja. Squat sendiri sangat efektif dalam mengencangkan sekaligus membentuk otot-otot tubuh bagian bawah, misalnya betis, bokong, paha, dan pinggul.

Pull-up

Rekomendasi berikutnya adalah pull-up, yang bermanfaat untuk membangun otot bahu, dada, dan lengan. Dalam melakukan pull-up, Anda butuh alat yang dinamakan pull-up bar, ataupun pegangan kokoh yang dapat menopang tubuh. Soalnya, Anda perlu mengangkat tubuh sampai dagu Anda melewati pegangan tersebut agar hasilnya benar-benar efektif.

Push-up

Serupa dengan squat, pada dasarnya Anda bisa lakukan push-up di mana saja. Jenis olahraga yang satu ini sangat ideal untuk mengencangkan otot lengan atas. Di samping itu, push-up juga bermanfaat untuk memperkuat otot pundah, dada, hingga inti atau core.

Bench Press

Jenis olahraga yang satu ini termasuk ke dalam kategori latihan beban alias weight training. Dalam bench press, fokusnya ada pada tubuh bagian atas, terutama untuk membentuk otot dada, pundak, dan lengan atas. Kalau Anda pergi ke gym, biasanya Anda bisa temukan alat khusus untuk bench press. Meski begitu, Anda sebenarnya juga bisa melakukannya dengan barbel, kok.

Dips

Kemudian ada dips, yang fokusnya ada di otot dada dan lengan. Tak hanya bantu tingkatkan massa otot, rupanya dips juga bisa bantu tingkatkan kekuatan tubuh Anda, terutama tubuh bagian atas. Anda bisa lakukan dips sendiri tanpa harus ke gym karena Anda bisa pakai berat badan Anda sendiri.

Deadlift

Secara garis besar, deadlift merupakan salah satu jenis weight training atau latihan angkat beban yang serupa dengan bench press. Hanya saja, kalau bench press dilakukan dengan cara berbaring pada bangku yang sudah disiapkan, deadlift dilakukan dalam posisi berdiri tegak. Sedangkan otot-otot tubuh yang dilatih lewat deadlift meliputi otot lengan, punggung bawah, pinggul, bokong, dan paha depan.

Leg Press

Kalau olahraga pembentuk otot lainnya yang sudah diperkenalkan di atas cenderung fokus pada massa otot tubuh bagian atas, beda dengan leg press. Soalnya, jenis olahraga yang satu ini sepenuhnya fokus pada tubuh bagian bawah, terutama otot kaki dan paha. Olahraga ini sendiri perlu dilakukan dengan bantuan alat khusus yang biasanya tersedia di gym juga.

Nah, itu tadi 7 jenis olahraga pembentuk otot yang terbukti memberikan hasil efektif. Selamat mencoba, ya!

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category