Health

Apa Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh? Ini Jawabannya

By Admin |

Tanpa vitamin, tubuh kamu rentan terhadap penyakit lho! Vitamin sangat penting bagi tubuh untuk pembentukan jaringan serta sistem pertahanan tubuh. Salah satu vitamin yang wajib terpenuhi yaitu vitamin C atau asam askorbat. Lalu apa manfaat vitamin C bagi tubuh? Simak ini ya!

1. Memperbaiki Jaringan Sel Kulit

Tahukah kamu? Vitamin C adalah vitamin yang mengandung zat antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh kulit manusia. Antioksidan ini berguna untuk menghilangkan atau menangkal zat-zat radikal bebas yang ada di kulit kita.

Nah vitamin C ini mampu membantu menghambat sel-sel yang menjadi tanda penuaan dan bisa mencegah penuaan dini. Oleh karena itu, buat kamu yang ingin terus awet muda, jaga kebutuhan vitamin C untuk tubuh kamu ya!

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dengan mendorong produksi sel darah putih, Sel inilah yang juga sering disebut dengan limfosit atau fagosit.

Vitamin ini membantu memperkuat organ terbesar tubuh manusia, serta mampu menghalau bakteri, jamur, dan mikroba lain penyebab penyakit. Tidak hanya untuk ketahanan tubuh saja, bahkan vitamin C juga bisa meningkatkan kestabilan mood pada seseorang.

Kamu pernah merasa gelisah tanpa sebab yang pasti? Ini bisa jadi karena kamu kekurangan vitamin C lho!  Oleh karena itu, pastikan kebutuhan vitamin C tubuhmu terpenuhi agar kegiatanmu tidak terganggu.

3. Mencegah Berbagai Gejala Penyakit Kronis

Selain untuk kedua hal diatas, lalu apa manfaat vitamin C untuk tubuh selanjutnya? Vitamin C bermanfaat untuk mencegah berbagai gejala penyakit kronis lho! Penyakit apa sajakah itu? Mulai dari risiko serangan jantung, tekanan darah yang tidak stabil, kanker, stroke, kolesterol, asam urat, bahkan anemia.

Risiko penyakit jantung bisa diminimalkan dengan adanya vitamin C yang terpenuhi. Vitamin ini bisa mengurangi penebalan pembuluh darah arteri. Vitamin C terutama dari buah dan sayuran juga bisa mengontrol tekanan darah, sehingga bisa meminimalkan risiko hipertensi, anemia, dan stroke.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Secara tidak langsung, vitamin C bisa berperan dalam penyembuhan luka. Luka yang dimaksud yaitu luka luar pada kulit. Vitamin ini bisa merangsang produksi, pematangan, dan pelepasan kolagen sehingga luka akan cepat sembuh.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Tahukah kamu? Mata yang sehat tidak hanya karena vitamin A saja lho! Vitamin C juga berperan untuk memelihara mata kamu agar tetap sehat. Vitamin ini bisa mencegah penyakit katarak, rabun, dan tumor mata.

Itulah kelima manfaat vitamin C yang wajib kamu tahu. Bagaimana? Kamu sudah paham kan apa manfaat vitamin C bagi tubuh kita? Untuk itu, segera penuhi kebutuhan vitamin C kamu agar memperoleh manfaat seperti diatas.

Share

Trending Article

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

5 Cara Menghilangkan Mata Panda yang Aman dan Efektif

Rekomendasi Body Lotion untuk Kulit Kering, Bersisik & Sensitif

5 Rekomendasi Vitamin Daya Tahan Tubuh Dewasa untuk Lengkapi Asupan Nutrisi

Khasiat Virgin Coconut Oil & Rekomendasi Produk Terbaik untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat Beras Porang Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

Article Category