Lifestyle

Berantas Jerawat dengan Konsumsi Probiotik

Penampilan merupakan cerminan dari diri seseorang. Salah satu penampilan yang paling sering diperhatikan oleh seseorang adalah penampilan wajah. Mempunyai jerawat pada tubuh, terutama wajah tentunya membuat orang tidak percaya diri. Hal ini lebih memusingkan jika jerawat tersebut besar dan meradang di tempat yang mencolok perhatian. Keadaan inilah yang membuat pria dan wanita berlomba-lomba untuk menghilangkan jerawat dari wajah mereka. 

Perbedaan Probiotik dan Prebiotik

Salah satu cara untuk memberantas jerawat dari wajah adalah dengan mengkonsumsi probiotik. Probiotik berbeda dengan prebiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan, khususnya saluran pencernaan. Bakteri baik ini bisa kita dapatkan dari makanan, minuman, atau suplemen. Lactobacillus dan Bifidobacterium merupakan dua contoh bakteri probiotik yang paling umum. Berbeda dengan probiotik, prebiotik adalah makanan (biasanya makanan tinggi serat) yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga. Jika dirangkum secara singkat, probiotik adalah bakteri baik sedangkan prebiotik adalah asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik tersebut. Probiotik memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, diantaranya sebagai berikut:

  • Membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare dan sembelit.
  • Mengurangi gejala radang usus. 
  • Mencegah diare terkait pemakaian antibiotik. 
  • Menjaga kesehatan saluran cerna. 
  • Membantu mengatasi penyakit kulit, seperti eksim dan jerawat. 
  • Menjaga kesehatan saluran kemih dan area kewanitaan. 
  • Mencegah alergi, pilek, dan infeksi saluran pernafasan. 
  • Menjaga kesehatan mulut.

manfaat probiotik

Manfaat Probiotik untuk Kulit

Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan diatas, probiotik juga memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi ini yang membuat probiotik bermanfaat bagi kulit. Sifat ini dapat membantu meredakan masalah kulit akibat peradangan, seperti eksim, rosacea, penuaan, hingga jerawat. Terdapat beberapa manfaat yang diberikan probiotik untuk kesehatan kulit. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mengurangi inflamasi pada kulit: Probiotik dapat memberikan efek menenangkan pada kulit, sekaligus meredakan peradangan yang terjadi pada kulit. Efek menenangkan pada kulit ini juga mencegah sistem imun untuk menyerang mikroorganisme lainnya pada kulit yang bisa menyebabkan flare-up.
  • Memperkuat skin barrier: Probiotik mampu mengurangi ancaman infeksi dan memperkuat daya tahan kulit terhadap bakteri buruk, polusi, dan radikal bebas. Dengan begitu, skin barrier pun akan bebas dari gangguan dan menjadi semakin kuat dengan sendirinya.
  • Anti-aging: Penggunaan probiotik secara topikal dapat membantu penyerapan kelembaban pada kulit dan membantu memperlambat penuaan pada kulit. Kerutan garis halus, dan tampilan pori-pori pada kulit dapat tersamarkan. Selain itu, probiotik juga membantu meminimalisir kerusakan kulit yang disebabkan sinar matahari.

Probiotik untuk Atasi Jerawat

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk mengaplikasikan probiotik untuk atasi jerawat. Natural Buddy disarankan untuk mengaplikasikan kedua cara ini secara bersama agar hasilnya maksimal. Berikut dua cara yang dapat dilakukan: 

  • Skin care: Probiotik yang akan membantu merawat kulit Natural Buddy dari luar adalah dengan menggunakan skin care. Skin care dengan kandungan probiotik akan memperkuat skin barrier dan membuat kulit Natural Buddy menjadi lebih terhidrasi, terhindar dari infeksi, jerawat, serta iritasi. 
  • Konsumsi: Probiotik banyak ditemukan pada makanan-makanan fermentasi seperti yogurt, kefir, tempe, kombucha, dan sup miso. Natural Buddy juga harus menyeimbangkannya dengan makanan kaya probiotik seperti pisang, bawang putih, bawang bombay, atau oat. Hal ini dilakukan agar hasilnya maksimal. Nah, kalau Natural Buddy merasa asupan probiotik dari makanan dan minuman saja tidak cukup, bisa dibantu dengan konsumsi suplemen dengan kandungan Lactobacillus paracasei, Enterococcus faecalis, Lactobacillus plantarum, dan Streptococcus salivarius. 

suplemen probiotik

Suplemen yang Kaya Akan Probiotik

Salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan probiotik adalah dengan mengkonsumsi suplemen yang kaya akan probiotik. Beberapa suplemen probiotik yang bisa dikonsumsi adalah Kyo Dophilus Multi 9, Kyo Dophilus + Enzymes, dan Kyolic Kid Dophilus. Bagi remaja dan dewasa bisa mengkonsumsi Kyo Dophilus Multi 9 atau Kyo Dophilus + Enzymes. Kyolic Kid Dophilus bisa dikonsumsi untuk anak. 

Perbedaan Kyo Dophilus 9, Kyo Dophilus + Enzymes, dan Kyolic Kid Dophilus

Kyo Dophilus yang satu ini mengandung tiga milyar sel hidup dari sembilan strain probiotik yakni Lactobacillus Gasseri KS-13, Bifidobacterium Bifidum G9-1, Bifidobacterium Longum MM-2, Bifidobacterium Lactis, Bifidobacterium Longum BB536, Bifidobacterium Breve M-16V, Bifidobacterium Infantis M-63, Lactobacillus Gaseri LAC-343, dan Lactobacillus Rhamnosus LCS-742. 

Bedanya dengan Kyo Dophilus Multi 9, jenis ini mengandung empat enzim pencernaan dikombinasi dengan tiga strain probiotik yang disebut The Friendly Trio (Lactobacillus Gasseri, Bifidobacterium Bifidum, dan Bifidobacterium Longum). Kandungan enzim Protease, Laktase, Amilase, dan Lipase membantu memecah protein, lemak, karbohidrat dan susu menjadi unsur nutrisi yang dapat diserap tubuh. 

Kyolic Kid Dophilus mengandung tiga strain probiotik yang disebut The Friendly Trio yang merupakan inti dari formulasi. Friendly Trio adalah campuran eksklusif yang diuji dari strain manusia terdiri dari jenis Lactobacillus gasseri KS-13, Bifidobacterium bifidum G9-1, dan Bifidobacterium longum. Lactobacillus gasseri berperan membantu mendukung fungsi saluran pencernaan serta berperan dalam mendukung kekebalan tubuh. Bifidobacterium bifidum dapat mengatur flora usus yang sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengurangi peradangan. Bifidobacterium longum dikenal berperan untuk menormalkan gerakan peristaltik usus. Probiotik dapat membantu meningkatkan bakteri baik sehingga melindungi anak-anak dari efek bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit.

Probiotik dapat menjadi solusi dari permasalahan jerawat yang Natural Buddy alami. Namun, perlu diingat juga kalau pencegahan jerawat ini perlu diseimbangkan dengan gaya hidup yang sehat.Bukan hanya itu, jerawat yang disebabkan faktor hormon atau genetik mungkin tidak terlalu merasakan khasiat dari probiotik. Jika sudah mengalami jerawat dalam kondisi yang parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter, ya Natural Buddy!

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Natural Buddy semua. Jangan lupa Happy Healthy Habits. Oh iya jangan lupa pantau terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm untuk tahu info dan promo menarik lainnya.