Health

Cara Menghilangkan Kurap Paling Ampuh

Jika Anda pernah mengalami penyakit kulit, ada juga salah satu penyakit kulit yang namanya kurap. Namun, kurap termasuk penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur berbentuk seperti ruam merah. Terkena kurap bisa terjadi dengan cara melalui kontak langsung pada orang yang mengalami kurap, ataupun benda yang terpapar jamur. Yang artinya penyakit ini sangat mudah menyebar, tapi

Cara menghilangkan kurap juga ada cara khususnya. Cara paling ampuh antara lain:

1. Dioles Obat

Namanya penyakit kulit yang diakibatkan jamur, pasti ada obat khusus untuk gatal di kulit berupa salep atau obat oles. Oleh karena itu, cara pertama adalah dengan mengoles obat pada bagian yang terkena gatal kulit yang disebut kurap termasuk untuk mencegah terjadinya kurap.

2. Cuci Seprai Dengan Air Panas

Hal ini dapat dikatakan sebagai cara menghilangkan kurap untuk solusi kedepannya, yaitu dengan melakukan pencucian seprai yang dipakai untuk tidur dengan menggunakan air panas. Dikarenakan agar kuman dan jamur yang terdapat pada seprai bisa hilang.

3. Gunakan Shampo Anti Jamur

Perlu diketahui bahwa penyakit kurap ternyata juga bisa berkembang di kulit kepala, karena hal tersebut juga media untuk menyebarkan kurap. Oleh karena itu, pergunakan shampo anti jamur saat Anda ingin membersihkan kulit kepala Anda agar tidak terkena kurap. Cara ini juga termasuk cara menghilangkan kurap yang paling ampuh.

4. Hindari Menggunakan Perban

Cara terakhir adalah dengan menghindari adanya penggunaan perban, terutama untuk Anda yang memiliki kulit yang agak sensitif. Karena, penggunaan perban yang lembab dalam jangka waktu lama memang akan menimbulkan terbentuknya jamur yang menjadi penyebab kurap tadi. 

Cara Mengobati Kurap

Selain menghilangkan atau mencegah, ada juga cara jitu mengobatinya jika sudah mengalami penyakit kurap. Yaitu, dengan cara:

1. Cuci Seprai setiap hari

Seprai ada barang sehari-hari yang biasa Anda pakai di rumah, yaitu pada kegiatan tidur yang cukup lama. Oleh karena itu, saat Anda sedang terinfeksi pastinya akan meninggalkan bekas jamur pada seprai. Maka perlu dibersihkan setiap hari setelah Anda bangun tidur, agar tidak terinfeksi lagi berikutnya. Jika sebelumnya seprai dicuci dengan menggunakan air panas untuk menghilangkan jamur, untuk yang kali ini cukup dicuci biasa saja.

2. Keringkan Tubuh Setelah Mandi

Orang yang sedang mengalami penyakit kurap, harus terhindar dari lembab karena lembab tersebut akan menyebabkan jamur.  Oleh karena itu, ketika Anda setelah selesai mandi harus dikeringkan dengan benar-benar kering agar tidak terinfeksi jamur kembali dan mengakibatkan kurap.

3. Menggunakan Pakaian Longgar

Saat Anda mengalami penyakit kurap, dianjurkan sebaiknya menggunakan pakaian yang sedikit lebih longgar terutama pada bagian-bagian yang memang terkena kurap tersebut. Selain, agar tidak mengurangi kenyamanan saat sedang menderita kurap juga agar jamur tidak menempel pada pakaian yang bisa menyebarkan ke bagian yang lain.

4. Obati Kurap

Yang paling lazim saat terkena penyakit terutama penyakit gatal kulit adalah dengan mengobatinya. Banyak obat-obatan yang bisa menghilangkan jamur penyebab kurap tersebut. Pilih obat kurap yang memiliki efek samping sangat kecil atau bahkan tidak ada efek sama sekali. Jika perlu, Anda periksakan penyakit tersebut ke pusat kesehatan terdekat agar diberikan obat khusus.

Begitulah cara menghilangkan kurap dan juga mengobatinya dengan baik apabila mengalami gejalanya. Namun, meskipun bukan penyakit yang berbahaya juga tetap harus Anda perhatikan bagaimana cara mencegah, menghilangkan dan mengobatinya dengan cara paling ampuh dan jitu.