Lifestyle

Ini Dia Buah Yang Kaya Akan Vitamin C

Buah merupakan salah satu makanan penyegar dan menyehatkan. Yah kamu juga pasti tau bukan, hampir setiap saat mengkonsumsi buah. Buah tidak hanya enak dimakan secara langsung, tetapi dalam sajian jus, salad, sup buah, dan sebagainya sangatlah menyegarkan. Disamping itu, buah juga memberikan banyak manfaat terutama sebagai sumber energi dan vitamin.

 

Apakah Buah Mengandung Vitamin C?

Kebanyakan buah yang kita makan memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Jeruk, pepaya, atau jambu biji adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi. Vitamin C sendiri biasanya disebut sebagai asam askorbat dan vitamin ini dapat larut dalam air. Manfaat vitamin C sangatlah penting terutama untuk menjaga metabolisme tubuh.

 

Apa Fungsi Vitamin C pada Buah?

Vitamin C memberikan berbagai khasiat yang dahsyat diantaranya yaitu berfungsi dalam pembentukan protein pada kulit, membentuk pembuluh darah apalagi ketika ketika luka, dan dapat memperbaiki dan memelihara kesehatan tulang, gigi, beserta tulang rawan. Fungsi vitamin C tidak hanya itu, vitamin C juga dapat membantu penyerapan zat besi dan melindungi sel agar tetap sehat.

Umumnya kebutuhan akan vitamin C untuk orang dewasa adalah 500 mg per hari. Tentunya bila kebutuhan vitamin C kamu terpenuhi, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan. Manfaat vitamin C yang pertama adalah membantu mengurangi resiko penyakit kronis, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan penyerapan akan zat besi.

 

Dari Mana Kebutuhan Vitamin C-mu Dapat Terpenuhi?

Nah sebagaimana telah kita bahas sebelumnya bahwa banyak buah kaya vitamin C yang bisa kamu dapatkan sehari-hari. Bahkan tidak hanya dapat vitamin, buah pun memberikan kenikmatan dan kesegaran ketika dikonsumsi. Enak sekali bukan? Nah berikut ini kami sajikan beberapa buah yang mengandung vitamin C dan yang pastinya enak untuk dikonsumsi.

Jeruk

Buah yang satu ini tidak heran tentunya bila kaya akan vitamin C, bahkan rasanya juga menyegarkan dan manis. Dalam satu buah jeruk kurang lebih mengandung vitamin C sebanyak 70 mg. Nah cukup besar bukan? Kamu cukup hanya mengkonsumsi jeruk beberapa biji saja, sudah dapat memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C kamu.

Jambu Biji

Jambu biji juga tergolong buah yang mengandung vitamin C tinggi, yakni 50 mg untuk setiap 100 mg jambu biji yang harum. Wow bahkan lebih besar dari jeruk yah? Karena hamper 50% dari berat jambu biji tersebut mengandung vitamin C. Kamu juga tidak perlu repot untuk mencari jambu biji, karena buah ini termasuk banyak sekali ketersediaannya di Indonesia.

Pepaya

Buah yang berwarna orange atau merah memang identic akan tingginya vitamin C, nah pepaya adalah salah satunya. Pepaya memiliki rasa yang unik, dagingnya yang lembut, dan bermanfaat sekali tentunya apalagi untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan vitamin C dalam buah pepaya ini tinggi yaitu mencapai 62 mg dalam setiap 100 mg buah pepaya yang kamu makan.

Nah itu dia beberapa buah yang nikmat dimakan dan yang pastinya tinggi akan vitamin C. Tentunya masih banyak lagi yah buah yang mengandung vitamin C tinggi. Kamu dapat juga mengkonsumsi buah mangga, stroberi, nanas, buah kiwi, dan buah pisang. Bagi kamu yang ingin mencari suplemen untuk kebutuhan vitamin C kamu, silahkan cek di sini yah.