Health

Bumil Wajib Baca! Inilah Beberapa Posisi Tidur Agar Bayi Tidak Sungsang

By Erwin |

Banyak hal yang harus diperhatikan ketika memasuki masa kehamilan. Mulai dari gaya hidup, pola makan, aktivitas, bahkan posisi tidur. Jika hal itu dilalaikan akan terjadi dampak yang besar bagi sang janin. Tentu seorang ibu tidak ingin melihat anaknya terlahir sungsang, cacat atau prematur, kurang gizi, dan lainnya. 

Mungkin ada beberapa orang yang belum familiar dengan istilah bayi sungsang. Jadi bayi sungsang adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan posisi bayi berada di atas atau jauh dari jalan lahir. Biasanya kejadiaan ini sering terjadi saat mendekati masa persalinan, kemungkinan cedera dalam kelahiran cukup tinggi. 

Secara alami, janin yang sudah berusia delapan bulan sudah mulai mempersiapkan posisinya, yaitu kepala menunduk dan mendekati jalan lahir. Namun tak jarang pula terdapat posisi janin yang tidak wajar atau sungsang, biasanya persalinan secara caesar dipilih untuk menghindari resiko kematian atau cedera. Simak posisi tidur ini, agar tidak bayi tidak sungsang : 

Tidur Miring Ke Kiri 

Posisi tidur ini sangat dianjurkan. Anda dapat memastikan posisi tidur miring ke kiri dengan menyelipkan bantal di bawah tubuh untuk menopang perut. Posisi tidur ini membuat janin menuju ke arah jalan persalinan. 

Tidur Miring Ke arah Kiri Dengan penyangga Bantal Atau Guling Di bagian Kaki 

Posisi tidur ini sama seperti sebelumnya namun dilengkapi dengan bantal di antara lutut dan pergelangan kaki. Posisi ini akan mendorong bayi ke posisi alaminya saat sudah melewati masa 9 bulan. Sehingga persalinan dapat dilakukan secara normal. 

Tidur Miring Ke Kanan 

Tidur miring kekanan tentu tidaklah salah, anda harus memilih posisi ternyaman saat tidur agar tidak mengganggu kesehatan anda dan janin. Begitu Pula sebaliknya, jika dirasa tidur miring ke kanan tidak nyaman maka ubahlah posisi. 

Tidur Sambil Mendengarkan Musik 

Tidur dengan mendengarkan musik juga bisa digunakan sebagai media terapi untuk bayi agar berbalik ke posisi lurus. Posisikan earphone ke bagian perut bawah, diharapkan bayi dapat mendengarnya dan membalik posisi mendekati jalan lahir. 

Tidur Menggunakan Kompres Air 

Tidur dengan mengompres perut menggunakan air es dapat mendorong bayi untuk menjauh dari sensasi dingin. Sebaliknya jika anda meletakkan sesuatu yang hangat maka bayi akan mendekatinya. Untuk menata posisi bayi, anda dapat mengompres perut bagian atas dengan sesuatu yang dingin. 

Tidur Dengan Kaki Yang Ditinggikan 

Posisi tidur ini juga disarankan. Anda dapat mengganjal bokong dengan guling untuk mendorong bayi berputar sekaligus menenangkan otot pinggang. 

Tidur Dengan Lutut Ditekuk 

Anda juga dapat tidur dengan posisi lutut ditekuk dan sedikit dimiringkan ke panggul. Jangan lupa lakukan pengganjalan pada bagian belakang dengan bantal yang empuk agar posisi tidur lebih nyaman. 

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category