Health

Jangan Sampai Salah, Inilah Daftar Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat Batuk

By Erwin |

Seperti yang kita tahu bahwa buah-buahan memang menyehatkan untuk tubuh. Bahkan, kita juga dianjurkan untuk mengonsumsi buah setiap harinya. Akan tetapi, terdapat beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan saat batuk.

Hal itu terjadi karena beberapa jenis buah ini bisa membuat batuk kita tidak kunjung sembuh karena adanya kandungan zat histamin. Histamin sendiri merupakan senyawa yang diproduksi tubuh untuk merespons pemicu alergi.

Kadar histamin yang terlalu berlebihan bisa memicu respon alergi dalam tubuh dan memperparah gejala batuk, bersin, mata berair, bahkan gatal-gatal. Selain itu, buah yang memiliki kandungan asam sitrat juga dapat menyebabkan batuk.

Berikut ini adalah beberapa daftar buah yang tidak boleh dimakan saat batuk, antara lain:

1. Pisang

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Annals of Dermatology berpendapat bahwa pisang adalah salah satu buah yang harus kita hindari saat sedang batuk. Sebab, buah yang satu ini bisa memicu tubuh untuk memproduksi histamin. Walaupun begitu, temuan ini masih perlu dikonfirmasi oleh penelitian lanjutan.

2. Alpukat

Alpukat ternyata juga termasuk buah yang tidak boleh dimakan saat batuk. Sebuah penelitian yang terbit di Multidisplinary Digital Publishing Institute atau MDPI mengungkapkan bahwa di dalam 1 kilogram alpukat, terdapat 23 mg kandungan histamin. Karena adanya kandungan histamin yang tinggi, maka buah yang satu ini dipercaya bisa bikin batuk.

3. Nanas

Buah yang tidak boleh dimakan saat batuk selanjutnya adalah buah nanas. Sama halnya seperti pisang dan alpukat, nanas juga bisa meningkatkan produksi histamin dalam tubuh dan memicu batuk. Akan tetapi, ada juga penelitian yang mengungkapkan bahwa buah nanas mengandung bromelain yang bisa membantu mengencerkan dahak.

4. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang tidak boleh dimakan saat batuk berikutnya. Jeruk ini termasuk ke dalam keluarga citrus yang memiliki banyak kandungan asam sitrat. Dimana kandungan tersebut bisa menyebabkan refluks atau aliran balik pada asam lambung.

Jadi, secara tidak langsung, kondisi tersebut bisa memperparah gejala batuk. Namun, lain halnya saat Anda tidak mengalami asam lambung. Buah yang satu ini tergolong baik, karena bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Tapi dengan catatan, jangan mengonsumsi terlalu banyak karena hal tersebut bisa memicu gejala batuk.

5. Strawberry

Buah yang satu ini juga ternyata masuk ke dalam jenis buah yang tidak boleh dimakan saat batuk. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh The Journal of Medicine Netherlands, strawberry ternyata bisa memicu produksi histamin di dalam tubuh.

Bahkan di beberapa kasus, orang mengalami reaksi alergi di dalam tubuhnya karena mengonsumsi strawberry dan membuat mereka mengalami gejala batuk.

Demikian penjelasan mengenai beberapa daftar buah yang tidak boleh dimakan saat batuk. Semoga bermanfaat.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category