Mom & Kids

Kapan Bayi Tumbuh Gigi? Ini Tahap Pertumbuhan Gigi Bayi

Pertumbuhan gigi anak dimulai sejak dalam kandungan. Memang belum banyak yang tahu, jika pertumbuhan gigi anak sebenarnya telah dimulai sejak bayi masih di dalam kandungan. Itulah salah satu alasan, ibu perlu mengkonsumsi makanan bergizi selama masa kehamilan. Asupan bagi ibu, dengan cukup kalsium, fosfor, vitamin C, dan vitamin D, akan membantu pertumbuhan sel-sel gigi bayi yang sehat selama di dalam kandungan. Ibu hamil juga perlu menghindari penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antibiotik tetrasiklin, untuk mencegah warna gigi coklat atau bahkan hitam, pada anak nantinya.

Pertumbuhan gigi saat di dalam kandungan, tidak serta merta menjadikan janin memiliki gigi yang keluar dari gusinya. Pertumbuhan yang dimaksud di sini adalah pertumbuhan tahap awal, ketika mineral, sel, serta zat-zat yang lain mulai mempersiapkan diri, untuk membentuk benih-benih gigi. Proses tersebut dimulai saat kandungan berusia 6 minggu. Lalu, saat usia kehamilan memasuki bulan ketiga dan keempat, jaringan keras yang nantinya akan menjadi lapisan luar gigi, mulai terbentuk.

Kapan Bayi Tumbuh Gigi?

Gigi bayi muncul pada usia yang bervariasi antar bayi. Ada bayi yang giginya sudah muncul pada usia dini dan ada juga bayi yang mengalami pertumbuhan gigi lebih telat. Walaupun berbeda-beda, pertumbuhan gigi bayi pada umumnya berlangsung di usia yang hampir sama.

Berikut ini tahap-tahap pertumbuhan gigi saat bayi:

  1. Usia 5 bulan
    Sebagian besar bayi mulai tumbuh gigi pada usia ini. Namun, beberapa bayi mungkin mulai tumbuh gigi pada usia lebih dini, yaitu 4 bulan, atau beberapa juga memiliki pertumbuhan gigi yang lebih lambat, pada usia 6 atau 7 bulan. Pada saat ini, gigi bayi baru mulai muncul, gusi bayi Anda mungkin akan membengkak dan kemerahan.
  2. Usia 6 bulan
    Pada usia 6 bulan atau sekitar 5-7 bulan, gigi pertama bayi sudah mulai muncul. Biasanya gigi pertama yang muncul ada dua gigi seri depan pada rahang bawah. Kedua gigi ini dapat muncul bersama-sama. Pada saat gigi bayi sudah muncul, Anda sudah bisa membersihkan gigi bayi dengan cara menyekanya dengan kain bersih setelah bayi menyusu.
  3. Usia 7 bulan
    Selanjutnya pada usia 7 bulan, dua gigi seri depan pada rahang atas muncul. Sebagian besar bayi mungkin mengalami pertumbuhan gigi ini sekitar usia 6-8 bulan. Pada usia ini juga bayi sudah bisa diberi makan makanan padat.
  4. Usia 9-16 bulan
    Gigi selanjutnya yang akan muncul adalah gigi di sebelah gigi seri depan bagian atas, kemudian gigi di samping gigi seri bawah menyusul. Biasanya gigi muncul berpasang-pasangan atas dan bawah, dua di sebelah kanan dan dua di sebelah kiri.

Bagaimana Kita Tahu Jika Anak Akan Tumbuh Gigi?

Sebagian orang tua mungkin kesulitan untuk memantau pertumbuhan gigi anaknya. Maka agar lebih mudah, coba perhatikan beberapa tanda berikut yang bisa mengindikasikan pertumbuhan gigi pada anak, seperti:

  • Mengeluarkan air liur (mengiler) lebih banyak.
  • Menggigit barang-barang yang ada di sekitarnya.
  • Gusi membengkak.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Rewel di malam hari.
  • Demam.

Cara Merangsang Pertumbuhan Gigi Anak

Untuk merangsang pertumbuhan gigi anak yang terlambat, Ibu bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Berikan teether dari bahan yang aman. Teether atau mainan gigit untuk bayi dapat membantu merangsang pertumbuhan giginya. Namun Ibu harus memilih teether yang terbuat dari bahan aman, yaitu bahan yang bebas BPA (bisphenol-A). Ini adalah bahan kimia plastik yang berbahaya untuk sistem hormon tubuh. Ibu juga sebaiknya memilih teether yang berbentuk sikat gigi karet atau ring supaya mudah digenggam tangan mungilnya.
  • Gosok gusinya dengan kasa. Cara lainnya untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi adalah dengan menggosok gusinya menggunakan kasa sekali dalam sehari. Waktu yang paling baik untuk membersihkan gusi ini adalah sebelum tidur malam untuk membersihkan sisa-sisa makanan dari gusinya sekaligus memperlancar peredaran darah pada gusi bayi. Caranya adalah dengan melilitkan kain kasa pada jari telunjuk Ibu, kemudian bersihkan gusi bayi secara perlahan sambil dipijat dengan lembut.
  • Menaikkan tekstur makanan. Ternyata, tekstur makanan bayi juga dapat mempengaruhi pertumbuhan giginya lho, Bu. Jika ia terus-menerus diberi makanan bertekstur lembut, maka gusinya tidak akan terlatih untuk mengunyah. Ibu perlu menaikkan tekstur makanannya menjadi lebih kasar saat bayi berusia 9 bulan. Tekstur makanan yang lebih kasar ini dapat membantu merangsang gigi bayi agar cepat tumbuh.
  • Berikan vitamin D dan kalsium. Vitamin D dan kalsium adalah jenis nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan gigi. Berikan makanan sumber vitamin D dan kalsium secara rutin agar bayi mendapatkan manfaatnya. Vitamin D bisa didapatkan dari ikan laut, kuning telur, susu, dan jamur. Sedangkan kalsium banyak terdapat pada ikan, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, tahu, dan biji-bijian. Ibu dapat membantu memenuhi vitamin D dan kalsium dengan..

Rekomendasi Vitamin Anak Untuk Membantu Pertumbuhan Gigi

Childlife Vitamin D3

ChildLife Vitamin D3 dengan rasa berry alami yang disukai anak merupakan bentuk vitamin D aktif yang mudah dan langsung diserap oleh tubuh. Vitamin D dapat diperoleh melalui makanan serta sinar matahari. Namun paparan sinar matahari dan sumber makanan yang mengandung vitamin D terkadang tidak diperoleh secara optimal oleh anak, sehingga belum mencukupi kebutuhan.Vitamin D merupakan nutrisi yang berperan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mendukung kesehatan tulang anak.

ChildLife Liquid Calcium with Magnesium

ChildLife Liquid Calcium with Magnesium mengandung Kalsium, Magnesium, Zinc dan Vitamin D yang merupakan nutrisi utama untuk membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang anak. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak, Kalsium merupakan mineral yang banyak ditemukan dalam tubuh (sekitar 2% dari total berat badan), dengan 99% kalsium ditemukan pada tulang dan gigi. Sehingga Kalsium menjadi salah satu nutrisi paling penting yang harus dipenuhi untuk menunjang proses tumbuh kembang anak.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Natural Buddy! Jangan lupa pantengin terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm (www.naturalfarm.id) untuk tahu info dan promo menarik lainnya. Happy Healthy Habits semua! ☺


 

Sumber:

https://www.alodokter.com/kapan-gigi-permanen-pada-anak-mulai-tumbuh 

https://www.sehatq.com/artikel/kenali-urutan-pertumbuhan-gigi-anak-untuk-siapkan-langkah-perawatannya