Health

Mengenal Kalori Alpukat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

By Erwin |

Salah satu buah yang cukup populer di Indonesia yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, yakni ada yang namanya alpukat. Ya, buah dengan tekstur daging lembut ini biasanya seringkali dijadikan sebagai bahan anti-aging, membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan menyembuhkan masalah sariawan. Kendati demikian, tahukah Anda mengenai berapa jumlah kandungan kalori alpukat tersebut? Untuk Anda yang mungkin belum tahu mengenai kandungan kalori pada buah tersebut, maka bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

Kalori dan manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh

Sebagai informasi, alpukat merupakan salah satu buah yang cukup digemari di kalangan masyarakat dengan kandungan vitamin A, B, C, E dan D dan baik bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya bergizi, buah ini juga sering kali dijadikan sebagai olahan berbagai makanan maupun minuman yang lezat dan menggugah selera. Bahkan, tidak jarang orang – orang mengonsumsi buah alpukat sebagai menu diet sehat. Meski demikian, pastikan untuk mengonsumsi buah tersebut dengan porsi yang tepat, agar nantinya tidak meningkatkan risiko kelebihan berat badan.

Adapun mengenai jumlah kandungan kalori alpukat dalam porsi 100 gram, mengandung sebanyak 160 kalori, 2 gram protein, 14,7 gram lemak dan 8,5 gram karbohidrat. Terkait kandungan lemak yang terdapat pada buah alpukat ini, yakni merupakan jenis lemak nabati yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ketika mengonsumsi buah alpukat, maka Anda akan memperoleh banyak sekali manfaat bagi kesehatan di antaranya sebagai berikut. 

1. Dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit berbahaya

Diketahui, alpukat merupakan salah satu jenis buah – buahan yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Apabila seseorang mengkonsumsi buah tersebut secara rutin, maka nantinya akan memperoleh asupan serat yang baik dalam mencegah terjadinya berbagai penyakit berbahaya. Beberapa penyakit tersebut di antaranya seperti stroke, diabetes, hipertensi sampai dengan kolestrol jahat di dalam tubuh.

2. Sebagai bahan detoks alami tubuh

Manfaat lain dari buah alpukat yang disajikan dengan cara dibuat jus, biasanya dapat dijadikan sebagai bahan detoks alami. Yang mana, ini bisa membantu tubuh dalam membuang semua racun berbahaya yang ada di dalam tubuh. Jika seseorang rutin mengonsumsi buah alpukat, maka dipastikan kondisi tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar. 

3. Mencegah risiko terkena gangguan osteoporosis

Mengonsumsi buah alpukat, juga memberikan manfaat lain berupa dapat mencegah terjadinya risiko gangguan osteoporosis tubuh. Ini wajar, dikarenakan buah alpukat memiliki kandungan vitamin K yang baik dalam mendukung kesehatan tulang. Dimana, buah ini nantinya akan dapat meningkatkan penyerapan tulang dan mengurangi pembuangan kalsium melalui urine.

Dengan mengetahui informasi penting di atas, tentunya Anda kini sudah paham dan mengerti mengenai kisaran kandungan jumlah kalori alpukat dan berbagai manfaat pentingnya bagi kesehatan tubuh. 

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category