Health

Panduan Pemberian Prosi MPASI untuk Bayi Berusia 6 Bulan

By Erwin |

Saat bayi berusia 6 bulan, maka MPASI (Makanan Pendamping ASI) sudah dapat diberikan. Sebenarnya MPASI sudah dapat diberikan saat bayi berusia 4 bulan, dengan menilai kemampuan oromotor bayi untuk menerima makanan padat. Namun, lebih amannya, Anda sebaiknya menunggu hingga bayi berusia 6 bulan. Lalu, berapa porsi makan bayi 6 bulan untuk MPASI?

Porsi Makan untuk Bayi Berusia 6 Bulan

Porsi makan untuk bayi berusia 6 bulan diberikan secara bertahap. Target Anda adalah bayi Anda dapat mengkonsumsi 3 sendok makan hingga setengah mangkuk berukuran 250 ml. Namun, untuk awalnya, Anda harus memberikan bayi Anda porsi yang lebih sedikit.

Porsi awal MPASI adalah 1-2 sendok teh sebanyak 1-2 kali per hari. Ditambah dengan satu kali makanan selingan untuk awalnya. Lihat dulu reaksi bayi Anda. Bila bayi Anda sudah merasa nyaman dan tidak menimbulkan masalah, maka porsi dapat ditingkatkan.

Sedangkan menurut American Academy of Pediatrics atau asosiasi dokter anak seluruh Amerika Serikat, Anda bisa memulai dengan 1 sendok teh bubur atau sereal. Untuk memudahkan bayi mencerna, campurkan dengan 4-5 sendok teh ASI atau susu formula. Setelah bayi terbiasa, tingkatkan hingga 1 sendok makan sebanyak 2 kali sehari. Lakukan hal ini hingga mencapai target seperti disebutkan di awal.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

Selain porsi, Anda juga harus memperhatikan selera makan bayi Anda. Bayi juga memiliki selera makan layaknya orang dewasa. Ada yang sangat lahap, dan ada pula bayi yang tidak selera memakan MPASI dalam jumlah banyak. Pada umumnya, bayi yang sudah dikenalkan dengan MPASI lebih awal (usia 4-5 bulan) lebih lahap dalam memakan makanan baru ini. Tapi, biarkan bayi beradaptasi secara alami. Pemberian MPASI tidak boleh dipaksakan.

Lalu, kandungan nutrisi dalam MPASI juga penting untuk diperhatikan. Menurut Dr. Cut Nurul Hafifah Sp.A (K), Spesialis Anak dan Konsultan Nutrisi dan Metabolik dari RS Pondok Indah, total kalori yang ada dalam menu makan ditambah 30 persen. Lalu, protein ditambah 20 persen dengan ragam mikronutrien didalamnya. Jadi, bayi akan mendapatkan nutrisi yang lebih lengkap, selain dari ASI. Hal ini akan membuat bayi tumbuh sehat dan memiliki berat badan yang ideal. 

Pemberian porsi makan bayi 6 bulan yang tepat akan memberikan lebih banyak manfaat kesehatan untuk sang bayi. Namun, perlu juga diingat bila MPASI yang diberikan adalah makanan pelengkap. Makanan pokok atau utama bayi pada usia ini adalah ASI. Jadi, sang ibu juga harus mengkonsumsi makanan sehat agar ASI yang dihasilkan mengandung nutrisi yang dibutuhkan. ASI yang sehat dan MPASI yang cukup adalah kunci pertumbuhan sehat untuk bayi.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category