Health

Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan Untuk Anak Terampuh

By Erwin |

Radang tenggorokan atau faringitis sering menyerang anak-anak. Anak-anak yang terserang radang akan mengalami rasa gatal, perih, dan kering pada tenggorokannya. Untuk meredakan gejala tersebut, berikut ini rekomendasi obat radang tenggorokan untuk anak yang mudah ditemukan di apotek.

Obat pereda radang tenggorokan

Ada beberapa jenis obat baik medis dan non medis dalam mengatasi radang tenggorokan. Berikut ini rekomendasi obat radang tenggorokan untuk anak.

1. Obat penurun panas dan nyeri

Obat penurun panas sekaligus pereda nyeri seperti parasetamol dan ibuprofen efektif untuk menurunkan demam sekaligus meredakan nyeri. Umumnya radang tenggorokan disertai dengan nyeri dan demam.

Anda bisa menemukan parasetamol dan ibuprofen dengan mudah di apotek. Keduanya juga hadir dalam berbagai bentuk seperti tablet, sirup tetes, sirup biasa, sirup forte, dan suppositoria.

Pastikan anda memberikan obat yang sesuai dengan usia dan berat badan anak. Konsultasikan dengan dokter apabila anak yang mengalami radang tenggorokan berusia kurang dari dua bulan.

Anak yang memiliki perbedaan ukuran dengan teman sebayanya memerlukan dosis khusus dari obat ini. Begitu pula anak-anak yang memiliki masalah epilepsi dan tuberkulosis.

2. Obat tetes hidung

Anda bisa membeli obat tetes atau semprot hidung di apotek. Obat tetes hidung mengandung saline atau air laut. Cairan ini bisa meredakan radang, mengencerkan lendir hidung dan tenggorokan, serta meredakan hidung tersumbat.

Anak akan menjadi lebih nyaman dalam beristirahat jika keluhan tersebut bisa teratasi. Istirahat yang cukup memiliki peran penting dalam kesembuhan anak. Obat tetes hidung atau semprot hidung ini umumnya bisa digunakan sejak usia bayi.

Namun, anda harus tetap memperhatikan dosis dan label produk. Pastikan produk yang anda pilih sesuai dengan usia anak yang terserang radang tenggorokan.

3. Obat oles dada

Obat oles dada seperti vaporub dan petrolatum bisa menjadi alternatif obat radang tenggorokan untuk anak. Pengolesan vaporub dan petrolatum bisa meredakan keluhan batuk dan hidung tersumbat pada malam hari.

Vaporub memiliki efek yang lebih kuat dibanding petrolatum. Namun, efek sampingnya juga lebih besar. Vaporub bisa menyebabkan iritasi kulit dan iritasi saluran pernapasan, terutama pada anak berusia kurang dari 2 tahun.

Jenis obat ini tidak direkomendasi untuk anak-anak di bawah 2 tahun. Jadi, pastikan anda selalu membaca label produk sebelum memberikan kepada anak.

4. Madu

Obat alami ini bisa meredakan radang tenggorokan apa lagi rasanya yang manis pasti disukai anak-anak. Madu berpotensi bisa meredakan kondisi batuk tidak berdahak. Sedangkan untuk batuk berdahak, madu bisa membantu saluran pernapasan untuk mengeluarkan lendir sehingga dahak mudah keluar.

Sebagai catatan, madu tidak boleh diberikan pada anak usia di bawah 1 tahun karena zat toksin penyebab otot kaku.

Demikian rekomendasi obat radang tenggorokan untuk anak. Pastikan anda memperhatikan dosis dan label produk agar anak anda tidak mengalami efek samping yang berlebihan. 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category