Health

3 Obat Hidung Tersumbat Alami yang Wajib Anda Ketahui

By Erwin |

Gejala hidung tersumbat umumnya disebabkan oleh infeksi virus, pilek, flu, sinusitis, hingga alergi. Meskipun seringkali hidung tersumbat bisa sembuh sendiri, namun jika terlalu lama akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Akibatnya, Anda bisa mengalami rasa kurang enak bahkan akan susah tidur di malam hari. Untuk itu, wajib bagi Anda mengenal obat hidung tersumbat alami sebagai salah satu alternatif pengobatannya.

Pentingnya Menggunakan Obat Hidung Tersumbat Alami

Obat hidung tersumbat yang alami merupakan salah satu alternatif pengobatan hidung tersumbat dengan beberapa bahan yang bisa diracik sendiri dan mudah didapatkan.

Hal penting yang umumnya membuat Anda perlu menggunakan solusi ini salah satunya adalah minim resiko dan bahan-bahan yang dibutuhkan mudah untuk dicari. Selain itu, tidak sedikit yang memiliki harga atau pengeluaran terjangkau bahkan tidak perlu mengeluarkan budget sama sekali.

Untuk itu, langsung saja kenali beberapa obat hidung tersumbat yang tergolong alami di bawah ini.

Mengenal 3 Obat Hidung Tersumbat Alami

Terdapat beberapa jenis obat hidung tersumbat alami yang perlu Anda ketahui sebagai berikut.

1. Uap hangat

Obat alami pertama yang bisa langsung Anda coba adalah uap hangat. Uap hangat bisa membantu melembapkan saluran pernapasan Anda yang kering dan juga tersumbat. Anda bisa melakukannya dengan menghirup uap hangat dari air panas pada mangkuk atau baskom kecil di meja. Anda pun bisa meneteskan sedikit minyak kayu putih supaya lebih nyaman. Hirup uap hangat tersebut selama kurang lebih 5 sampai 10 menit. 

Bisa juga dihirup hingga saluran napas lebih lega. Nah, metode ini aman digunakan untuk anak-anak dengan cara menghirup uap hangat di kamar mandi dengan pemanas air. Anda bisa menyalakan keran air panas, temani anak duduk selama 10 menit, dan menghirup uap hangat.

2. Larutan garam

Selain uap hangat, Anda juga bisa mencoba larutan garam. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan penyemprotan larutan garam yang bisa membantu membersihkan hidung tersumbat. Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan semprotan larutan garam yang ada di toko obat atau apotek untuk melakukan cuci hidung. Dengan cara ini, Anda bisa cuci hidung secara teratur sehingga dapat membantu membersihkan saluran pernapasan melalui pelunakkan kotoran yang menyumbat hidung Anda.

3. Bawang putih

Sudahkah Anda tahu bahwa bawang putih juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan hidung tersumbat?

Kandungan zat antibakteri serta antijamur pada bawang putih dapat membantu menyembuhkan hidung tersumbat. Caranya, Anda tinggal makan bawang putih atau jika Anda tidak tahan dengan rasanya, bisa menggunakan beberapa siung bawang putih untuk bumbu masakan. Hindari untuk menempelkan bawang putih pada hidung langsung sebab bisa mengiritasi kulit.

Itulah beberapa obat hidung tersumbat alami yang perlu Anda ketahui.

Share

Latest Articles

Mengenal Kalori Mie Gacoan dan Tips Makan Gacoan saat Diet

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

10 Sumber Vegetarian Protein Anti Hewani, Darimana Saja?

10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Article Category