Health

5 Faktor Penyebab Pengapuran Tulang

Pengapuran tulang dapat disebabkan oleh berbagai hal, namun salah satu penyebab pengapuran tulang ialah osteoarthritis. Pengapuran tulang yang disebabkan osteoarthritis ditandai dengan peradangan sendi yang terjadi akibat penipisan bantalan pada ujung tulang. Pengapuran tulang memang sering muncul tanpa gejala, namun pengapuran sering terdeteksi saat pemeriksaan kesehatan rutin  serta rontgen tulang. Perlu kamu ketahui, sebenarnya penyebab pengapuran tulang belum diketahui secara pasti, namun ada sejumlah faktor yang diduga bisa meningkatkan terjadinya pengapuran pada tulang, diantaranya:

1. Faktor Usia

Faktor usia sangat memungkinkan seseorang terkena pengapuran tulang akibat osteoarthritis. Hal ini dikarenakan kondisi sendi dan kekuatan tulang akan menurun seiring pertambahan usia. Untuk itu, jangan heran jika pengapuran tulang lebih sering diderita oleh orang-orang yang sudah memasuki usia menopause. Sebab tingkat estrogen yang menjadi pelindung tulang sudah menurun setelah menopause.

2. Obesitas

Apabila kamu memiliki berat badan berlebihan atau obesitas tentu dapat memberikan tekanan lebih banyak pada persendian, terutama pada bagian lutut yang memang menopang beban berlebihan. Hal inilah yang meningkatkan risiko kamu mengidap pengapuran tulang. Untuk itu, jika kamu ingin meminimalisir terjadinya pengapuran tulang akibat obesitas, penting bagi kamu menjaga berat badan yang sesuai dan tidak berlebihan.

3. Aktivitas Sehari-Hari

Aktivitas dan rutinitas sehari-hari juga dapat memberikan tekanan berlebihan pada sendi dalam jangka waktu lama dan dilakukan secara berulang-ulang. Seperti aktivitas mengangkat benda berat secara terus-menerus, tentu memungkinkan cedera yang dapat dikaitkan dengan osteoarthritis penyebab pengapuran tulang. 

Selain rutinitas sehari-hari, hal-hal yang mengubah cara kerja tubuh seperti cara berjalan yang membuat persendian memiliki rentang gerak lebih luas dibanding biasa juga dapat memberikan tekanan lebih banyak pada sendi. Sehingga risiko terkena pengapuran jauh lebih besar.

4. Cedera Sendi

Pengapuran tulang juga dapat dikaitkan dengan cedera atau operasi pada sendi. Cedera pada sendi tidak hanya disebabkan oleh pekerjaan berat yang dilakukan secara berulang-ulang, namun juga disebabkan karena olahraga berlebihan atau kecelakaan lalu lintas. Perlu diingat, meski persendian terlihat sembuh sebagaimana mestinya, kondisi tersebut juga berisiko lebih tinggi untuk memunculkan pengapuran di kemudian hari.

5. Rheumatoid Arthritis dan Peradangan Sendi Lainnya

Rheumatoid arthritis dan kondisi peradangan sendi lainnya memang dapat menyebabkan kerusakan pada sendi dan kerusakan tulang rawan. Sehingga tidak mengherankan jika rheumatoid arthritis juga sering dikaitkan sebagai penyebab pengapuran tulang. Selain itu, encok yang menyebabkan deposit kristal pada tulang rawan juga dapat meningkatkan risiko kerusakan dan osteoarthritis. 

Itulah sekilas tentang hal-hal yang dapat meningkatkan risiko terjadi pengapuran pada tulang. Dengan mengetahui penyebab pengapuran tulang, tentu membuat kamu lebih waspada dan menghindari berbagai hal yang bisa meningkatkan risiko terkena pengapuran tulang.