Health

5 Rekomendasi Makanan Penambah Berat Badan dan Tips Pentingnya

By Erwin |

Salah satu cara untuk menaikkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan penambah berat badan. Namun perlu diperhatikan juga dengan pemilihan makanan tersebut dimana harus mempunyai kandungan gizi yang cukup pada tubuh. 

Secara umum, agar bisa mendapatkan berat badan yang naik maka bisa melalui surplus kalori atau menambah jumlah asupan kalori setiap harinya. Ada beberapa makanan dimana dapat membantu meningkatkan jumlah kalori di dalam tubuh tersebut. 

Rekomendasi Makanan Penambah Berat Badan 

Jika selama ini, Anda merasa kesulitan dalam menaikkan berat badan, maka kemungkinan besar adalah pemilihan jenis makanan yang salah. Karena itulah, apabila Anda ingin mendapatkan berat badan ideal dengan menaikkannya, maka berikut daftar makanan yang bisa dikonsumsi. 

1. Nasi 

Cara pertama yang bisa membantu menaikkan berat badan adalah melalui nasi. Nasi sendiri merupakan sumber karbohidrat yang juga padat kalori sehingga sangat cocok dijadikan sebagai penambah berat badan. Bahkan dalam 100 gram nasi, setidaknya mengandung sekitar 130 kalori lho. 

2. Kentang 

Selain nasi, kentang juga sering dijadikan sebagai sumber karbohidrat kompleks. Dimana keberadaannya bisa menjadi sumber energi cadangan dalam bentuk glukosa atau disimpan dalam tubuh sebagai glikogen. Jenis makanan inipun juga mempunyai kandungan kalori cukup tinggi yakni 87 kalori untuk 100 gram. 

3. Alpukat 

Alpukat termasuk ke dalam salah satu buah yang bisa membantu untuk menaikkan berat badan karena adanya kandungan kalori sekaligus lemak sehat di dalamnya. 100 gram alpukat sendiri mengandung sekitar 160 kalori, 14,7 gram lemak sehat serta 2 gram protein. Dengan mengonsumsi buah alpukat secara rutin, maka bisa lebih cepat naik berat badan. 

4. Daging Merah

Makanan penambah berat badan selanjutnya adalah daging merah ini seperti berasal dari sapi, kambing ataupun domba. Dibandingkan dengan sebelumnya, dalam 100 gram daging merah mempunyai kandungan kalori sekitar 273 kalori sekaligus. Tetapi jangan mengonsumsi berlebihan karena bisa mengakibatkan kolesterol tinggi. 

5. Telur 

Masih mencari rekomendasi makanan penambah berat badan lainnya? Telur juga menjadi makanan rekomendasi berikutnya. Tidak hanya mempunyai kandungan protein  saja, tetapi kandungan gizi berupa kalori di dalamnya juga sangat bermanfaat. Di dalam 100 gram telur menghadirkan kalori sebesar 154 kalori. 

Tips Lain Menaikkan Berat Badan

Selain dengan mengonsumsi sejumlah makanan penambah berat badan di atas, terdapat tips lainnya dimana bisa digunakan untuk menambah berat badan diantaranya adalah: 

  • Cobalah untuk makan lebih sering tetapi dengan porsi kecil 
  • Mengonsumsi camilan sehat dan kaya akan nutrisi seperti cokelat hitam dan buah
  • Jangan lupa rutin untuk berolahraga untuk membantu menambah massa otot 
  • Minum di waktu yang tepat

Mempunyai berat badan yang ideal memang menjadi salah satu impian bagi banyak orang terutama bagi mereka dengan tubuh kurus. Untuk membantu menaikkan berat badan, cobalah pertimbangkan mengonsumsi makanan penambah berat badan diatas.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category