Health

7 Jenis Olahraga Pembentuk Otot Dada yang Aman dan Efektif

By Erwin |

Apakah kamu punya body goals dengan otot dada yang terlihat bagus dan sehat? Kalau iya, kamu bisa coba olahraga pembentuk otot dada yang sehat, aman, dan efektif. Menariknya, ternyata ada berbagai olahraga untuk membentuk otot dada yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa harus ke gym, lho!

Rekomendasi Olahraga Pembentuk Otot Dada

Otot dada atau pectoralis (biasa disingkat jadi pecs) bisa terus Anda latih agar semakin kuat. Ditambah lagi, melatih otot dada juga bermanfaat untuk memperbaiki postur hingga meningkatkan metabolisme tubuh, lho! Lalu, apa saja ya olahraga pembentuk otot dada yang bisa Anda coba lakukan?

1. Chest fly.

Chest fly merupakan sebuah gerakan dalam latihan otot yang dilakukan dengan memposisikan kedua lengan sejajar dengan pundak terlebih dahulu. Setelah itu, rentangkan kedua tangan Anda ke samping. Menariknya, chest fly juga bisa Anda lakukan di atas matras, lho!

2. Push-up.

Anda juga bisa membentuk otot dada dengan rutin melakukan push-up. Tentu saja gerakan push-up sudah familiar untuk Anda, kan? Tak hanya berpengaruh pada pembentukan otot dada, push-up rupanya juga bisa dirasakan hingga otot lengan dan bahkan perut.

3. Commando push-up.

Commando push-up merupakan salah satu bentuk variasi push-up, di mana Anda mengangkat satu tangan dan kemudian memposisikan telapak tangan sejajar dengan siku. Kemudian Anda bisa lakukan secara bergantian dengan tangan satunya. Agar otot dada bertambah kuat, lakukan commando push-up selama 30 hingga 60 detik.

4. Weighted push-up.

Sementara itu, weighted push-up dilakukan dengan menambah beban pada punggung ketika Anda melakukan gerakan push-up pada umumnya. Dengan cara ini, pembentukan otot dada bisa terjadi dengan lebih cepat dan efektif.

5. Chest press.

Menurut penjelasan yang dilansir dari laman Healthline, chest press adalah salah satu olahraga pembentuk otot dada yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Cukup siapkan dumbell sebagai beban pada kedua tangan, lalu siapkan juga kursi sebagai penyangga tubuh Anda. Kemudian duduk di kursi dengan posisi lutut ditekuk dan kaki di lantai. Setelah itu, pegang dan ayunkan barbel sambil Anda atur napas Anda secara perlahan.

6. Bench dips.

Bench dips sendiri adalah salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan untuk membentuk otot dada tanpa alat tambahan. Yang penting ada bidang kuat sebagai penahan tubuh, seperti kursi. Kemudian posisikan kedua tangan di belakang sambil memegang erat sandaran atau bagian kursi lainnya, lalu luruskan kaki Anda ke depan. Selama melakukan bench dips, biarkan siku Anda agak renggang.

7. Plank.

Rekomendasi olahraga pembentuk otot dada berikutnya adalah plank, yang bisa mendorong otot dada bekerja lebih keras sehingga otot pun jadi lebih cepat terbentuk. Dan Anda bisa lakukan plank di mana saja, bahkan di rumah.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category