Health

Berapa Kalori Bubur Kacang Hijau?

By Erwin |

Katanya makan bubur kacang hijau itu sehat, tetapi berapa sih jumlah kalori bubur kacang hijau dalam tiap porsinya? Mari kita kulik lebih dalam mengenai kalori bubur kacang hijau dan kandungan nutrisi di dalamnya.

Jumlah Kalori Bubur Kacang Hijau

Ketika membuat bubur kacang hijau, kita tentu tidak hanya akan membuatnya dengan kacang hijau saja. Ada bahan lain yang digunakan, seperti gula merah dan santan. Nah, santan dan gula merah tersebut memiliki kandungan kalorinya masing-masing. Untuk kacang hijaunya sendiri, tiap 100 gramnya akan menghasilkan kalori sebesar 323 kalori.

Kandungan kalori yang berbeda akan kita dapatkan jika mengonsumsi bubur kacang hijau dengan tambahan ketan hitam. Semangkuk ketan hitam memiliki kandungan kalori sebanyak 169. Sebaiknya kita tidak menambahkan ketan hitam untuk mengurangi kalori bubur kacang hijau jika sedang ingin mempertahankan atau mengurangi berat badan.

Kandungan Nutrisi Kacang Hijau Rebus

Kacang hijau sendiri memiliki banyak kandungan nutrisi penting untuk kesehatan. Kacang hijau rebus sebanyak satu cangkir (202 gram) mengandung 0,8 gram lemak, 14,2 gram protein, 38,7 gram karbohidrat, 15,4 gram serat, folat, mangan, magnesium, vitamin B1, fosfor, besi, tembaga, kalium, seng, vitamin B2, B3, B5, B6, serta selenium.

Mengapa Mengonsumsi Bubur Kacang Hijau

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam kacang hijau membantu menetralkan radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan kita. Paparan radikal bebas dalam jumlah tinggi bisa menyebabkan peradangan kronis, kanker, penyakit jantung, dan berbagai penyakit lain.

Selain itu, kacang hijau juga bisa menekan kandungan kolesterol LDL yang jahat dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Tak hanya itu, tekanan darah juga bisa diturunkan dengan mengonsumsi kacang hijau yang mengandung serat, potasium, dan magnesium dalam jumlah tinggi.

Resep Bubur Kacang Hijau

Untuk membuat bubur kacang hijau, kita perlu menyiapkan 100 gram kacang hijau, 65 ml santan instan, satu lembar daun pandang, 100 gram gula pasir, sejumput garam, jahe, dan 650 ml air. Sebelum dimasak, kacang hijau sebaiknya direndam paling tidak selama satu jam. Rebus air hingga mendidih dan masukkan kacang hijau yang sudah ditiriskan dari air rendaman. Masukkan pula daun pandan dan jahe sebelum dimasak hingga mendidih.

Setelah dibiarkan dalam kondisi mendidih selama lima menit, panci kita tutup, matikan api, dan biarkan selama 30 menit. Kemudian, nyalakan api lagi dan masukkan santan instan serta gula pasir. Aduh terus bubur kacang hijau hingga kembali mendidih agar santan tidak pecah. Tes rasa dan bubur kacang hijau siap disajikan.

Dalam satu resep tersebut, total kalori bubur kacang hijau yang dihasilkan adalah 901,6 kkal dengan rincian 152,4 gram karbohidrat, 24,63 protein, dan 23,7 gram lemak. Satu resep bisa menghasilkan 5 porsi bubur kacang hijau sehingga masing-masing porsinya mengandung 180,3 kkal.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category