Health

Cara Mengukur Body Fat Yang Akurat

By Erwin |

Lemak dalam tubuh secara umum memang diperlukan sebagai cadangan energi tubuh. Namun apabila kadarnya berlebihan, tentu saja akan mendatangkan berbagai macam penyakit. Karena hal tersebut, penting bagi kita untuk tahu cara mengukur body fat atau lemak tubuh kita.

Lemak tubuh yang menumpuk dapat menyebabkan penyakit hipertensi, gangguan pada jantung, diabetes, stroke hingga perut yang membuncit juga bisa saja mengindikasikan beberapa penyakit seperti ascites, obstruksi usus dan lainnya.

Namun, saat ini anda bisa mengetahui cara mengukur body fat anda dengan berbagai cara. Agar anda bisa mulai sadar untuk menjaga pola hidup sehat dan mulai berolahraga untuk mengurangi lemak dalam tubuh.

Cara Mengukur Body Fat

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengukur masa lemak dalam tubuh, antara lain:

1. IMT (Indeks Masa Tubuh)

Indeks Masa Tubuh atau IMT adalah pengukuran yang dilihat dari tinggi badannya. Indeks Masa Tubuh ini merupakan cara mengukur masa lemak dengan membandingkan antara berat badan dengan tinggi badan. Anda juga bisa menggunakan kalkulator IMT secara online.

2. Bioelectrical Impedance Analysis

Metode pengukuran lemak ini menggunakan timbangan yang memberikan listrik. Nantinya, lemak tubuh akan menghalangi arus listrik dan menghantarkan listrik dengan lemah. Dapat dikatakan apabila lemak tubuh semakin tinggi maka listrik yang dihasilkan semakin lemah.

3. Mengukur Lingkar Pinggang

Cara yang paling sederhana dan juga sangat mudah adalah dengan menghitung lingkar pinggang. Metode ini berfokus pada lemak yang ada pada perut. Cara mengukur body fat ini hanya dengan menggunakan meteran saja.

Anda hanya perlu menghitung pinggang anda. Untuk ukuran pinggang pria yang normal di bawah 90 cm sedangkan untuk ukuran pinggang wanita yang normal selebar 80 cm ke bawah. Namun, kekurangan mengukur dengan metode ini kita tidak bisa mengetahui kadar lemak, maupun massa otot tubuh secara keseluruhan karena hanya menggunakan meteran saja.

4. DEXA (Dual Energy X-Ray Absorptiometry)

Cara mengukur body fat yang terbilang paling akurat diantara yang lainnya adalah metode DEXA atau Dual Energy X-Ray Absorptiometry. Sama seperti namanya yaitu X-Ray, mengukur body fat dengan metode ini anda akan berbaring di bawah mesin yang menyinari sinar rontgen ke tubuh anda.

Hasil dari rontgen ini, anda akan mengetahui kepadatan tulang ditubuh anda, massa tubuh anda tanpa lemak hingga massa lemak yang anda miliki. Tentu metode ini lebih ampuh untuk mengetahui seberapa besar lemak yang ada pada tubuh anda.

Berikut adalah beberapa metode untuk mengukur massa lemak pada tubuh anda. Ada baiknya mulai sekarang untuk bisa lebih sadar akan kesehatan dan mulai hidup sehat sedari dini. Dimulai dengan aktivitas olahraga sederhana, hingga makanan yang kita konsumsi haruslah memiliki gizi yang seimbang.

Share

Trending Article

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

Inilah Cara Melakukan Gerakan Kayang Adalah

Inilah Cara Menurunkan Panas Pada Orang Dewasa

Cara Menghilangkan Jerawat di Pipi, Bantu Kembalikan Kepercayaan Diri!

Langkah-Langkah Dan Tips Penting Cara Melakukan Push-Up Yang Benar

Tips Dan Trik Yang Efektif Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Article Category