Health

Ini Dia 5 Ciri Maag Kronis yang Perlu Diketahui

Maag kronis merupakan salah satu masalah pencernaan yang diakibatkan oleh peradangan pada dinding lambung. Berbeda dengan maag akut yang bersifat sementara, maag kronis dapat terjadi dalam waktu yang lama dengan frekuensi yang lebih sering. Bisa dalam hitungan waktu beberapa bulan bahkan hingga tahunan. Lalu apa sajakah ciri ciri maag kronis? Simak ulasan mengenai lima ciri utama seseorang mengalami maag kronis berikut ini:

1. Nyeri Pada Bagian Atas Perut

Ciri yang pertama adalah rasa nyeri pada bagian atas perut atau area ulu hati. Rasa nyeri yang muncul tersebut disebabkan oleh kondisi organ lambung yang meradang. Jika sudah kambuh, penderitanya akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari

2. Sering Merasa Mual dan Muntah 

Pengidap maag kronis biasanya sering merasa mual hingga muntah-muntah. Rasa mual yang tidak kunjung hilang bisa menyebabkan asupan nutrisi ke dalam tubuh menjadi berkurang karena tidak adanya makanan yang masuk. Terlebih lagi jika Kamu makan dalam porsi yang banyak dengan tergesa-gesa. 

Selain menjadi penyebab maag kronis, gejala mual disertai muntah juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan lain yang harus Kamu waspadai. 

3. Perut Kembung dan Begah

Bertumpuknya gas di dalam perut akan menyebabkan perut terasa begah dan kembung Akibat perut kembung ini Kamu akan cepat merasa kenyang meski makan dalam porsi kecil. Bahkan maag kronis yang sudah menahun juga bisa menimbulkan rasa nyeri di perut ketika selesai mengkonsumsi makanan.

4. Nafsu Makan Menurun

Ciri-ciri maag kronis yang selanjutnya adalah nafsu makan yang menurun. Rasa cepat kenyang karena perut terasa begah akan membuat nafsu makanmu menurun. Kondisi ini terjadi bukan karena Kamu tidak merasa lapar, melainkan karena ketidaknyamanan di dalam perut jika terisi makanan. Tidak adanya nafsu makan tentunya bisa mengakibatkan berat badan menurun dan rentan terserang penyakit lain karena kurangnya nutrisi yang memadai. 

5. Sering Bersendawa

Sering bersendawa juga bisa menjadi indikasi Kamu mengalami maag kronis. Gejala sendawa ini merupakan efek samping dari kondisi perut yang dipenuhi gas. Dalam satu hari Kamu bisa bersendawa hingga berkali-kali untuk mengeluarkan gas yang berlebih tersebut. Setelah gas dikeluarkan, umumnya penderita maag kronis akan merasa lebih nyaman. 

Selain disebabkan oleh iritasi pada lambung dan infeksi bakteri, maag kronis juga bisa disebabkan oleh penyakit autoimun. Kondisi ini merupakan masalah kesehatan yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga mampu menyebabkan gangguan pada lambung yang sehat. Akibatnya, sel-sel yang ada di dalam lambung tidak bisa bekerja dengan semestinya hingga mengalami kerusakan. 

Gejala maag kronis akibat penyakit autoimun ini meliputi sakit kepala, mudah merasa lelah, napas terengah-engah, diare, kuku rapuh, kulit kering, tubuh tidak bertenaga serta mudah kehilangan fokus atau konsentrasi. 

Nah, itulah lima ciri-ciri maag kronis yang harus Kamu ketahui. Agar terhindar dari maag kronis, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi dan menerapkan pola hidup sehat. Dengan begitu Kamu juga akan terlindungi dari berbagai macam penyakit yang membahayakan lainnya.