Health

Simak Akibat Kekurangan Vitamin B yang Wajib Diwaspadai

Vitamin B banyak sekali jenisnya sampai disebut dengan vitamin B kompleks. Vitamin ini tentunya sangat penting dan diperlukan tubuh. Kalau sampai kekurangan bisa berpengaruh pada sebagian atau keseluruhan organ Anda. simak beberapa akibat kekurangan vitamin B sesuai jenisnya berikut ini.

 

Akibat Kekurangan Vitamin B1

Vitamin B1 biasanya berfungsi dalam mengubah makanan menjadi energi. Selain itu juga untuk meningkatkan sistem saraf. Kalau tubuh kekurangan B1,  maka ada beberapa gejala seperti sesak nafas, kaki bengkak. dan muntah-muntah. Kalau sampai tidak diobati, maka penyakit Wernicke bisa memburuk..

 

Akibat Kekurangan Vitamin B12

Selanjutnya adalah untuk vitamin B12 yang fungsinya untuk mengatur sistem saraf. Selain itu juga untuk pembentukan sel darah merah. Kalau sampai vitamin B12 ini jumlahnya kurang dalam tubuh, maka bisa menyebabkan anemia megaloblastik. Gejala yang menyertainya biasanya adalah kelelahan. Sembelit, berat badan turun, dan masih banyak lagi.

 

Akibat Kekurangan Vitamin B2

Vitamin B2 merupakan salah satu zat penting yang berperan dalam menjaga kulit agar tetap sehat. Nama lain dari vitamin B2 adalah Ribovlafin yang fungsinya juga untuk mencerna lemak, karbohidrat, dan protein. Biasanya orang yang kekurangan vitamin B2 adalah mata merah, infeksi mulut, bibir pecah-pecah, dan sejenisnya.

 

Akibat Kekurangan Vitamin B6

Vitamin B6 biasanya disebut juga dengan pyridoxine dan berfungsi untuk membantu dalam pengubahan makanan menjadi energi, selain itu juga untuk membantu kekebalan tubuh. Jadi, akibat kekurangan vitamin B jenis ini cukup banyak seperti mual, depresi, anemia, infeksi, dan ruam pada kulit atau bisa juga disebut dengan dermatitis. Kalau tidak segera diobati, ini bisa berisiko menyebabkan kematian.

 

Akibat Kekurangan Vitamin B3

Biasanya, batas konsumsi minimal dari vitamin B3 adalah 10-15 mg per harinya. Makanan dengan kandungan vitamin B3 ini bisa menjadi sumber energi dan membantu munculnya nafsu makan. Kalau sampai kekurangan vitamin ini, Anda akan merasakan sakit diare, mual, kemudian sembelit, adanya lesi pada kulit tangan, dan daya ingat menurun. 

 

Akibat Kekurangan Vitamin B5

Vitamin B5 biasanya didapatkan dari biji-bijian. Jagung, kangkung, serta brokoli. Fungsi dari vitamin satu ini adalah untuk membantu tubuh mengubah karbohidrat untuk menjadi glukosa nantinya bisa dipakai untuk menghasilkan energi. Kalau Anda sampai kekurangan vitamin B5, maka akan mengalami akibat seperti kaki terasa terbakar, muntah, kelelahan, insomnia, sakit perut, bahkan sampai infeksi saluran pernafasan.

 

Akibat Kekurangan Vitamin B9

Vitamin B9 biasanya disebut juga dengan folat atau vitamin yang tersedia alami dalam makanan. fungsinya adalah untuk membantu pertumbuhan sel darah merah. Akibat kekurangan vitamin  B satu ini yaitu akan berakibat beberapa penyakit atau gejala seperti anemia, kelelahan, sakit kepala, sesak nafas, sampai dengan palpitasi jantung.