Mom & Kids

Apa Itu Syndrome Baby Blues? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa Itu Baby Blues?

Baby blues adalah kondisi/syndrome yang dialami wanita berupa munculnya perasaan gundah dan sedih berlebihan. Perubahan suasana hati ini umumnya terjadi setelah ibu melahirkan. Secara umum, baby blues syndrome akan memburuk pada 3-4 hari paska melahirkan. Kondisi syndrome baby blues juga biasanya hanya terjadi pada 14 hari pertama. Meski begitu, kondisi ini tidak boleh dianggap sepele begitu saja.

Cara Mengatasi Syndrome Baby Blues Yang Mudah Dilakukan

Peduli dengan kondisi ibu setelah melahirkan merupakan cara mengatasi syndrome baby blues yang paling ampuh. Ayah, misalnya, bisa ikut berkontribusi dalam merawat Si Kecil ketika ibu terlihat mulai stres dan kelelahan. Selain itu, cara mengatasi baby blues berikut ini juga bisa Anda terapkan di rumah:

  1. Bicarakan dengan pasangan
    Salah satu cara menangani baby blues yang pertama dan paling penting ialah terbuka dengan pasangan Anda. Ketika Anda merasakan tertekan atau mencurigai munculnya gejala baby blues, komunikasikan dengan pasangan. Dengan ini, Anda dan pasangan bisa mencari solusi dan jalan keluar yang tepat.
     
  2. Beristirahatlah
    Penyebab utama syndrome baby blues biasanya adalah rasa lelah karena merawat bayi baru lahir yang seperti tidak ada habisnya. Sebagai cara mengatasi sindrom baby blues, Anda jangan segan untuk beristirahat sebisa mungkin ketika Si Kecil juga tengah tertidur, meski hanya sebentar. Tidak usah memikirkan pekerjaan rumah yang menumpuk. Prioritas Anda saat baru melahirkan mengalami baby blues hanyalah diri Anda sendiri dan bayi Anda. Berikan pengertian pada suami maupun orang yang tinggal satu atap dengan Anda mengenai kondisi Anda saat ini.
     
  3. Makan makanan favorit
    Cara lain untuk mengatasi baby blues yang dialami oleh ibu adalah dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai. Termasuk makan makanan favorit. Ya, tidak ada salahnya menyenangkan diri sendiri dengan menyantap makanan favorit ketika Anda stres dan lelah mendera Anda. Aktivitas ini bisa mengembalikan energi yang terkuras setelah seharian bergelut dengan bayi baru lahir.sehingga Anda akan merasa lebih baik. Namun, sebaiknya hindari makanan tinggi karbohidrat sederhana seperti sirup, kue kering dan roti putih. Sejumlah makanan tersebut diduga dapat memperparah mood swing.
     
  4. Cari udara segar
    Keluar dari rumah dan hiruplah udara segar juga menjadi cara mengatasi baby blues pada ibu melahirkan. Jika belum kuat untuk pergi ke taman atau lapangan di dekat rumah, Anda cukup berjalan di area halaman rumah atau duduk di teras rumah sambil menyesap teh hangat. Anda juga dapat minum teh sambil menjemur bayi di pagi hari atau menikmati keteduhan di sore hari.
     
  5. Tidur yang cukup
    Meski memiliki waktu tidur yang cukup saat memiliki bayi adalah hal yang sulit, namun Anda harus tetap mengusahakannya. Kerjakan apa yang sanggup Anda kerjalan di siang hari dan jangan menunda tidur saat sudah waktunya. Jika bayi terbangun di malam hari dan Anda masih butuh tidur di malam hari, mintalah suami untuk membantu menggantikan popoknya dan untuk mengurusnya sejenak.
     
  6. Olahraga rutin
    Salah satu cara alami mengatasi baby blues sydrome adalah melakukan olahraga rutin. Olahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar dan mengalihkan rasa kekhawatiran sehingga membantu meningkatkan mood dan kualitas tidur.
     
  7. Meminta bantuan kepada ahlinya
    Ketika semua cara mengatasi syndrome baby blues di atas sudah Anda lakukan, tapi belum menemui hasil, jangan segan untuk mencari bantuan sebagai salah satu cara mengatasi baby blues yang paling tepat. Bantuan yang dimaksud bisa berupa bantuan medis (berkonsultasi ke dokter maupun psikolog) hingga bantuan dalam mengurus rumah, bayi, maupun segala kebutuhan dasar Anda dan keluarga.

Salah Satu Tips Cegah Baby Blues Syndrome

Konsumsi omega-3 bisa menjadi cara mencegah baby blues yang efektif. Oleh karena itu, saat Anda sedang hamil, jangan lupa mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung omega-3. Beberapa penelitian menyatakan, mengonsumsi omega-3 (DHA dan EPA) secara rutin dapat mengurangi risiko melahirkan prematur dan depresi setelah melahirkan.

Omega-3 merupakan salah satu komponen penting dalam perkembangan sistem saraf janin. Anda dapat menemukan omega-3 pada bahan makanan seperti telur dan ikan. Tetapi ingat, olahlah makanan hingga matang sempurna agar tidak membahayakan diri serta janin. Untuk itu yuk, penuhi omega-3 ibu dengan suplemen tambahan seperti:

Nutriwell Omega 3 Fish Oil 1000 mg 60 softgels

Mengandung EPA (Eicosapentaenoic acid) & DHA (docosahexaenoic acid). Nutriwell Omega 3 Fish Oil Bermanfaat untuk:

  • Menurunkan kadar trigliserida & kolesterol jahat lainnya dalam darah
  • Menjaga kelenturan pembuluh darah & menurunkan hipertensi
  • Mencegah penyumbatan pada pembuluh darah
  • Mengatur denyut jantung
  • Menjaga kesehatan organ-organ tubuh lainnya
  • Membantu mengatasi rematik, psoriasis & eksim

Artikel ini semoga dapat bermanfaat untuk kalian untuk mengatasi syndrome baby blues ya, Natural Buddy! Jangan lupa untuk terus pantengin website Natural Farm di www.naturalfarm.id dan Instagram Natural Farm di https://www.instagram.com/naturalfarm.id/ untuk dapat mengetahui info bermanfaat dan promo menarik lainnya. Stay Happy Healthy Habits!


 

Sumber:

https://hellosehat.com/kehamilan/perawatan-ibu/perawatan-tubuh/6-tips-mencegah-baby-blues/