Health

1 Piring Nasi Berapa Kalori dan Cara Praktis Menakar Porsi Makan

By Erwin |

Apakah cukup mengetahui 1 piring nasi berapa kalori agar bisa memastikan kita mengonsumsi makanan dalam porsi yang tepat? Menghitung jumlah kalori nasi memang penting karena nasi adalah makanan pokok kita, tetapi kita juga perlu menghitung kalori makanan lain yang kita konsumsi.

Satu Porsi Nasi sebagai Sumber Karbohidrat

Satu porsi nasi bisa kita anggap terdiri atas 100 gram yang menghasilkan 175 kalori. Namun, perlu diingat bahwa nasi bukan satu-satunya makanan pokok yang bisa kita konsumsi. Untuk mendapatkan jumlah kalori yang sama, kita bisa mengganti seporsi nasi dengan satu gelas mi kering kemasan, setengah gelas bihun, tiga iris roti putih, sepotong singkong, atau talas dengan ukuran besar.

Olahan tepung juga bisa menjadi makanan pokok. Untuk menghitung kalori tepung, kita bisa menggunakan sendok makan. Dari lima sendok makan tepung terigu atau delapan sendok makan tepung beras menghasilkan kalori yang sama dengan 100 gram nasi.

Protein Hewani

Kalori yang dihasilkan oleh sumber protein hewani akan bergantung pada kandungan lemak di dalamnya. Protein hewani rendah lemak menghasilkan 50 kalori, lemak sedang menghasilkan 75 kalori, dan lemak tinggi menghasilkan 150 kalori.

Agar lebih mudah, kita bisa melihat potongan dari sumber protein hewani tersebut. Dalam satu porsi makan, kita bisa menambahkan sepotong ayam tanpa kulit berukuran sedang, ⅓ ekor ikan berukuran sedang, sepotong daging sapi ukuran sedang, 10 butir bakso daging sapi, sebutir telur ayam ukuran besar, atau sebutir telur bebek ukuran sedang.

Protein Nabati

Selain dari hewan, kita juga bisa menambahkan sumber protein nabati ke dalam porsi makan kita. Sumber protein nabati biasanya berasal dari kacang-kacangan dan olahannya. Nah, 75 kalori bisa kita dapatkan dari dua setengah sendok makan kacang kedelai. Kita cukup membutuhkan dua sendok makan kacang tanah, kacang merah, atau kacang hijau untuk mendapatkan kalori dalam jumlah yang sama.

Olahan kacang-kacangan yang sering kita konsumsi adalah tahu dan tempe. Dari satu potong tahu berukuran besar atau dua potong tempe dengan ukuran sedang, kita bisa mendapatkan 75 kalori.

Sayuran

Setelah mengetahui 1 piring nasi berapa kalori, kita tidak boleh lupa untuk menghitung kalori dalam sayuran. Ya, sayuran juga memiliki kandungan kalori meskipun kita kerap menganggap sayuran tidak memiliki kalori sama sekali.

Ada kelompok sayuran dengan kalori rendah, seperti tomat, mentimun, dan selada yang bisa bebas dikonsumsi. Ada pula kelompok sayuran dengan kandungan 25 kalori tiap 100 gram, seperti labu, wortel, brokoli, dan bayam yang perlu ditakar sebelum dikonsumsi. Selain itu, ada lagi kelompok sayuran yang mengandung 50 kalori dalam tiap 100 gram, seperti daun pepaya, daun singkong, dan daun katuk.

Jangan lupa untuk menghitung kalori dalam buah dan gula, susu, minyak dan lemak, serta makanan tanpa kalori selain menghitung 1 piring nasi berapa kalori.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category