Health

4 Cara Menghilangkan Panu di wajah Menggunakan Bahan Alami

By Erwin |

Panu di bagian kulit wajah memang sangat mengganggu penampilan seseorang, bahkan karena keberadaan penyakit kulit tersebut terkadang membuat orang sampai tidak PD untuk keluar rumah. Lantas, bagaimana cara menghilangkan panu di wajah dengan aman dan tanpa campuran bahan kimia? Mudah saja! Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan tradisional berikut ini!

Apa itu Panu?

Sebagai salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, umumnya panu menyebabkan timbulnya bercak putih di kulit. Bukan hanya bercak, penyakit panu juga menimbulkan gatal yang berkepanjangan. Maka dari itu, agar tidak menyebar luas, penyakit panu harus segera dibasmi. Ada bahan-bahan alami yang mudah didapatkan untuk membasmi panu, yaitu:

1. Lengkuas

Empon-empon yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa ini ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat alami penghilang panu di wajah. Hal ini karena lengkuas mengandung senyawa amilum, flavonoid, dan kuersetin yang mampu mengatasi jamur dan bakteri akibat panu. Adapun cara untuk menggunakannya adalah, menggosokkan lengkuas yang telah dibelah ke bagian wajah yang terkena panu. Gosokkan sampai kulit wajah memerah dan mulai terasa pedih. 

2. Kunyit

Selanjutnya, kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan panu yang timbul i wajah. Hal ini karena kunyit mengandung volatile yang berguna sebagai antiinflamasi pada kulit. Selain itu, kandungan kurkumin yang terdapat di dalam kunyit juga berguna sebagai antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas  penyebab penyakit panu. Caranya mudah saja, Anda hanya perlu menumbuk kunyit kemudian menempelkan pada bagian yang berpanu. Diamkan lebih kurang 15 menit kemudian bilas air hangat.

3. Bawang Putih

Cara menghilangkan panu di wajah berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Bumbu pokok dapur ini diketahui mengandung senyawa anti bakteri yang dapat membunuh jamur dan bakteri di kulit. Anda hanya perlu membelahnya menjadi dua bagian kemudian menggosokkannya ke bagian kulit wajah yang ada panunya. 

4. Jeruk Nipis

Terakhir, Anda dapat memanfaatkan jeruk nipis untuk mengobati panu yang timbul di area wajah. Jeruk nipis diketahui bisa menjadi obat pembasmi panu yang lebih cepat dari obat-obatan alami lainnya. Hal ini karena jeruk nipis memiliki kandungan senyawa antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas.

Kandungan asam sitrat dan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis juga mampu menjadi antibakteri. Hal itu sangat bermanfaat untuk membasmi jamur panu yang terdapat pada kulit wajah. Caranya sangat mudah, yakni dengan mengoleskan perasan jeruk nipis ke bagian kulit yang berpanu. 

Demikian 4 cara menghilangkan panu di wajah menggunakan obat-obatan alami. Kendati demikian, Anda tetap perlu melakukan konsultasi ke dokter agar penyakit panu yang muncul di wajah tidak menyebar di bagian tubuh lainnya. 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category