Health

Apa Itu Diabetes?

By Admin |

Penyakit diabetes bukan hal yang asing lagi, biasanya penyakit ini terjadi pada usia sekitar 45 tahun ke atas. Diabetes dikenal sebagai penyakit kronis yang mana gejalanya ditandai oleh tingginya kadar gula, glukosa yang ada di dalam darah itu prosesnya dikendalikan oleh hormon insulin yang mana hormon ini diproduksi oleh pankreas. Namun jika terkena penyakit diabetes pankreas tidak dapat memproduksi insulin, lalu apa penyebab penyakit ini? dan apa itu diabetes?

Apa itu diabetes

Apakah Anda tahu apa itu diabetes? Jadi, Diabetes itu merupakan golongan penyakit metabolik yang diakibatkan oleh kadar gula yang tinggi yang mana tidak dapat dikonsumsi secara optimal pada tubuh. Penyakit diabetes ini termasuk jenis penyakit yang sangat berbahaya. Penyebab penyakit diabetes ini disebabkan oleh kurangnya aktivitas tubuh, selain itu asupan gula tinggi yang ada pada tubuh juga salah satu penyebab utama munculnya penyakit diabetes, sehingga mengakibatkan terganggunya respon tubuh pada insulin. Insulin itu adalah suatu jenis hormon yang digunakan untuk membantu mengoptimalkan proses penyerapan glukosa lalu diolah menjadi sumber energi serta kelebihannya akan disimpan untuk cadangan energi.

Penyakit diabetes dibedakan menjadi 3 yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional yang mana memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dimana diabetes 1 merupakan suatu gangguan autoimun yang ditandai pada kondisi antibodi menyerang sel tubuh sendiri hal ini disebabkan oleh faktor genetik serta infeksi virus. Berbeda dengan diabetes tipe 2 yang sering menyerang usia 30 tahun ke atas, penyebab diabetes tipe ini karena gaya hidup yang tidak sehat hal ini menjadi penyebab utama yang harus diperhatikan. Selain itu faktor genetik dan faktor obesitas juga termasuk resiko yang harus diwaspadai.

Penyakit diabetes selanjutnya yaitu gestasional, penyakit diabetes ini sering menyerang ibu hamil dan biasanya penyakit ini akan sembuh jika sudah melahirkan. Namun Anda juga harus waspada karena jika penyakit ini tidak ditangani maka akan meningkatkan risiko bayi lahir yang prematur atau kelebihan berat badan. Gejala tipe ini biasanya ditandai dengan kelelahan yang berlebih karena melakukan aktivitas fisik, selain itu penurunan berat badan yang drastis,sering merasa lapar yang ekstrim serta buang air kecil terus-menerus, lalu sering mengalami infeksi yang ada pada kulit,gusi serta pandangan kabur, gejala ini juga menjadi penyebab munculnya penyakit diabetes. Penyakit ini dapat Anda cegah dengan cara menyesuaikan frekuensi serta menu makanan Anda, selain itu Anda juga bisa melakukan olahraga yang teratur dan hindari merokok karena hal ini akan menjadi penyebab terjadinya diabetes.

Hal diatas adalah berbagai penjelasan serta gejala yang diakibatkan oleh penyakit diabetes. Sekarang Anda tahukan sebenarnya apa itu diabetes? 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category