Health

Rekomendasi Cemilan untuk Penderita Maag yang Lezat dan Sehat

Makan tiga kali dalam porsi kecil serta mengonsumsi cemilan setiap dua jam sekali merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penderita maag untuk mengurangi kekambuhan. Cara ini dinilai mampu mencegah lambung kosong yang umumnya menjadi penyebab utama gejala sakit maag. Terdapat banyak jenis cemilan untuk penderita maag yang tidak hanya sehat melainkan sangat lezat untuk dikonsumsi. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini. 

Cemilan yang Baik Untuk Penderita Maag

Penderita maag sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan rendah lemak, karena makanan tinggi lemak jahat dan sedikit serat akan memicu naiknya asam lambung dan Memakan cemilan yang sehat juga bisa menjadi solusi untuk meminimalisir keinginan makan yang berlebihan. Sebagai informasi, berikut beberapa rekomendasi cemilan yang baik dikonsumsi untuk penderita maag:

1. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran merupakan kudapan sehat bagi penderita asam lambung. Namun Kamu sebaiknya memilih buah dengan rasa yang tidak terlalu asam karena makanan asam juga bisa memicu gejala sakit maag. Penderita maag harus menghindari buah seperti jeruk, lemon dan buah nanas. Beberapa buah yang baik dikonsumsi oleh penderita maag diantaranya semangka, melon, pisang, bengkuang serta anggur dan apel yang manis. 

Sama seperti buah, tidak semua jenis sayuran bisa menjadi cemilan penderita maag. Tomat, bawang dan paprika terkadang bisa memicu timbulnya gejala asam lambung bagi sebagian penderita. Sebagai gantinya pilihlah kudapan sayuran seperti mentimun, seledri, brokoli atau wortel baby.

2. Biji-bijian

Biji-bijian mengandung serat yang tinggi sehingga sangat cocok dijadikan kudapan bagi penderita asam lambung. Pastikan memilih biji-bijian utuh yang terbuat dari gandum, oat, quinoa hingga beras merah. Namun perlu diingat, hindari makan biji-bijian secara berlebihan, cukup makan dengan porsi kecil setelah memakan sayur atau buah dua jam sebelumnya. 

3. Daging Tanpa Lemak dan Telur 

Cemilan untuk penderita maag yang selanjutnya adalah daging tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, daging sapi tanpa lemak serta telur ayam. Penderita dianjurkan untuk memakan daging tanpa lemak dengan cara dikukus, direbus atau ditumis. Karena jika mengolahnya dengan cara digoreng, protein yang terkandung di dalamnya akan membuat daging tersebut menjadi tinggi lemak. 

Kamu juga perlu menghindari kudapan olahan daging berlemak seperti sosis, bacon, burger hot dog dan olahan fast food berbahan daging lainnya. 

4. Susu Rendah Lemak 

Susu full cream umumnya mengandung lemak tinggi yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dan melemahkan otot sfinter esofagus. Namun bagi penderita maag yang menyukai produk susu tidak perlu merasa khawatir karena Kamu masih bisa meminum susu rendah lemak atau susu nabati. 

5. Produk Kedelai

Rekomendasi cemilan untuk penderita maag yang terakhir adalah produk kedelai seperti tempe dan tahu. Kamu juga bisa mengonsumsi kacang edamame dengan cara merebus atau mengukusnya terlebih dahulu. 

Selain memakan kudapan yang telah direkomendasikan di atas, Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen nutrisi untuk maag yang terbuat dari bahan-bahan alami dan organik seperti Natural Factors – S’Digest (Soothe Digest). Suplemen ini mengandung tiga tanaman kaminatif seperti anise seed, fennel seed dan caraway seed yang baik untuk mengatasi gangguan pencernaan. 

Natural Factors – S’Digest (Soothe Digest) memiliki banyak manfaat bagi tubuh diantaranya meredakan rasa nyeri pada perut, membantu mengurangi iritasi pada saluran cerna serta membantu melindungi pencernaan dari bakteri jahat yang menyebabkan gastritis dan tukak lambung.

Nah demikianlah informasi mengenai cemilan untuk penderita maag yang sehat dan juga lezat. Dengan menjaga asupan makanan dengan baik, Kamu bisa terhindar dari gejala maag yang biasanya mengganggu aktivitas sehari-hari.