Health

8 Makanan yang Menurunkan Kolesterol Dan Asam Urat

Kolesterol sering dikaitkan dengan asam urat yang mungkin ada di dalam tubuh seseorang. Asam urat naik juga tidak bagus karena memicu penyakit dalam lainnya, jika ingin menurunkan asam urat dan kolesterol tentunya anda juga harus tahu makanan apa saja yang aman untuk keduanya. Kegalauan yang sering dirasakan adalah cara menurunkan kolesterol adalah dengan perbanyak serat seperti sayuran hijau tapi disisi lain jika terlalu banyak makan sayuran hijau mengakibatkan asam urat naik. Ingat, memang ada beberapa jenis sayuran yang memiliki zat purin tinggi seperti kacang, brokoli, kol, sawi hijau, kol criwis dan sebagainya.

Berikut ini adalah makanan yang menurunkan kolesterol serta asam urat!

1. Labu siam 

Selain serat tinggi dalamnya siam juga bisa menurunkan tekanan darah. Sangat bagus untuk menjaga tekanan darah Anda di bawah 120 mmng. 

2. Wortel 

Bisa membantu memberikan vitamin A dan seratnya lumayan tinggi. Kombinasikan dengan sayuran lain yang kandungan zat purinnya rendah.

3. Terong 

Terong bisa dijadikan lalapan rebus dengan sambal dan juga dimasak tumis. Sayuran ini aman juga untuk penderita kolesterol, seratnya juga cukup tinggi. 

4. Sawi caisim 

Sawi caisim termasuk sayuran yang kadar zat purinnya tidak terlalu tinggi dan mengandung zat besi yang bagus untuk tubuh. Seratnya juga membantu penderita kolesterol agar bisa turun. 

5. Lemon 

Nah, buah lemon juga bagus untuk menurunkan asam urat dan kolesterol sehingga rutinitas setiap pagi sebelum sarapan dengan irisan lemon akan membantu mengurangi sedikit demi sedikit zat pengganggu tersebut.  

6. Jeruk   

Jeruk juga sangat membantu dalam melarutkan gumpalan lemak dalam darah, antioksidannya membuat gumpalan lemak tersebut keluar dari feses. Bisa juga dari keringat. 

7. Talas 

Umbi talas sangat bagus dijadikan cemilan, cukup direbus saja. Umbi ini aman juga bagi penderita diabetes, asam urat dan kolesterol walaupun rasanya kurang enak. 

8. Daun labu siam 

Daun labu siam juga bagus untuk menurunkan kolesterol dan tidak menaikkan asam urat, Anda bisa ambil ujung sulur daunnya yang masih muda untuk dimasak.

Perlu Anda ingat bahwa yang paling sering memicu asam urat dan kolesterol naik dengan cepat adalah daging merah seperti jeroan, sapi, kambing yang juga diolah dengan lemak lainnya seperti minyak, santan dan gabungan lemak ikan air. Saat terapi kolesterol dan asam urat Anda hindari memakai santan, minyak berlebihan dan daging merah. Perbanyak makan dengan cara pengolahan direbus atau dikukus ya.

Upayakan lemak darah Anda kurang dari 100 mmhg, sedangkan untuk kolesterol total Anda ditekan di bawah angka 180 mmng. Semangat dan jangan putus asa ya, sehat untuk keluarga di rumah bersama www.naturalfarm.id