Health

Ketahui Beberapa Pantangan Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan

Selama masa kehamilan berlangsung, ada beberapa pantangan ibu hamil yang harus Anda ketahui. Bisa berupa makanan, kebiasaan, dan lainnya yang tertentu bisa berdampak buruk bagi kesehatan si ibu dan buah hatinya. Ketika sedang berada di masa kehamilan, pastikan bahwa menjadi seorang ibu harus lebih hati-hati dalam mengonsumsi makanan maupun minuman. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan perilaku hidup sehat dan memperhatikan apa-apa saja yang menjadi pantangan sebagaimana yang disebutkan di bawah ini.

Ini Dia Pantangan Ibu Hamil yang Perlu Anda Tahu  

1. Merokok

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata kebiasaan merokok saat hamil bisa menyebabkan bayi terlahir dalam kondisi kurang baik seperti berat badan rendah hingga meningkatkan risiko masalah kesehatan pada bayi. Salah satu yang sering muncul yakni seperti infeksi janin, hingga masalah tumbuh kembang.

Tidak heran jika pantangan ibu hamil kali ini juga perlu diberlakukan pada suami Anda yang memiliki kebiasaan merokok demi kesehatan bersama.

2. Minum Minuman Beralkohol

Minum minuman beralkohol ketika Anda sedang hamil bisa meningkatkan risiko sindrom alkohol janin atau yang memiliki nama lain sebagai fetal alcohol syndrome. Akibatnya, si bayi bisa memiliki berat badan rendah, memiliki gangguan perilaku, dan lambat dalam hal pertumbuhannya.

Oleh sebab itu, perhatikan pantangan yang kedua kali ini dan jangan ragu untuk meminta bantuan dokter maupun orang terdekat jika ibu hamil mengalami kecanduan atau bahkan merasa sulit menghentikan kebiasaan minum minuman beralkohol.

3. Konsumsi Makanan yang Tidak Matang

Perlu Anda garis bawahi bahwa ketika telur ataupun bahan makanan jenis daging-dagingan yang tidak dimasak sampai matang, bisa membuat ibu hamil mengalami infeksi bakteri yang bernama Listeria atau Salmonella. Bahkan, bisa membuat ibu hamil mengalami keracunan makanan. Tidak hanya itu, mengkonsumsi makanan tidak matang juga bisa meningkatkan risiko keguguran hingga cacat lahir pada si bayi. Oleh sebab itu, perhatikan juga pantangan ibu hamil yang ketiga kali ini.

4. Memiliki Berat Badan yang Tidak Ideal atau Berlebih

Perlu Anda perhatikan juga bahwa kelebihan berat badan ketika Anda hamil juga dapat meningkatkan risiko datangnya tekanan darah tinggi, hingga diabete, dan obesitas pada anak. Maka dari itu, sebagai ibu hamil Anda harus pandai-pandai dan rajin dalam mengatur asupan kalori setiap harinya.

Yang harus Anda ingat dan catat adalah bahwa untuk trimester pertama, ibu hamil sebaiknya menambah 100 kalori per harinya yang bisa diperoleh dari porsi makan di masa sebelum hamil. Namun, ketika masuk pada trimester ketiga, sebaiknya tambah 300–500 kalori saja untuk per harinya.

5. Kekurangan Tidur

Pantangan ibu hamil selanjutnya adalah kekurangan tidur, Pasalnya, tidak jarang para ibu hamil mengalami susah tidur. Khususnya untuk ibu hamil yang sudah mulai masuk pada trimester ketiga. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menjaga waktu istirahat dengan tidur secara cukup sebab kurang tidur bisa meningkatkan risiko hipertensi, diabetes, preeklamsia, hingga postpartum depression.

6. Konsumsi Kafein Berlebih

Konsumsi kafein berlebih juga menjadi pantangan lain untuk para ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan bisa meningkatkan adanya risiko keguguran, bayi prematur, hingga berat badan bayi yang rendah.

Sementara, untuk batas aman dalam mengkonsumsi kafein untuk ibu hamil adalah 200 mg per harinya atau sama dengan 300 ml kopi instan. Perhatikan juga kafein-kafein yang terkandung pada cokelat, teh, hingga minuman berenergi yang ada di pasaran.

Itulah beberapa pembahasan seputar pantangan ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Nah, untuk mendapatkan informasi seputar obat-obatan, vitamin, dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh termasuk ibu hamil, bisa di cek di naturalfarm.id