Health

Tenggorokan Gatal dan Batuk? Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya

Tenggorokan gatal jadi salah satu gejala yang sering dialami ketika batuk ataupun radang tenggorokan. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat digunakan untuk menelan. Ada beberapa cara untuk mengatasi tenggorokan gatal dan batuk tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Berikut ini sejumlah cara untuk meredakan tenggorokan gatal yang bisa Kamu coba.

1. Permen Pelega Tenggorokan

Cara simple mengatasi tenggorokan gatal yang pertama adalah mengisap permen pelega tenggorokan. Lozenge atau permen pelega tenggorokan dapat merangsang produksi air liur untuk menjaga tenggorokan tetap lembap. Dengan begitu, rasa nyeri dan gatal pada tenggorokan dapat berkurang.

2. Berkumur dengan Air Garam

Cara meredakan tenggorokan gatal dan batuk juga bisa dilakukan dengan berkumur air garam. Air garam hangat berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi dan tenggorokan gatal. Selain itu, air garam hangat dapat mengencerkan dahak yang menggumpal sehingga efektif meredakan batuk. 

3. Gunakan Humidifier

Tenggorokan gatal dan batuk yang disebabkan oleh udara kering atau alergi dapat Kamu atasi dengan humidifier. Penggunaan humidifier akan membuat udara sekitar Kamu lebih lembap. Penggunaan alat ini juga membantu menjaga lendir agar tidak mengiritasi bagian belakang tenggorokan dan tidak mengering.

4. Madu

Siapa yang tidak kenal dengan madu? Obat herbal ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari meredakan demam, mengurangi peradangan, hingga meredakan batuk dan tenggorokan yang gatal. Kandungan di dalam madu yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi dapat mengatasi iritasi pada tenggorokan akibat batuk.

5. Istirahat yang Cukup

Saat kekebalan tubuh menurun, proses penyembuhan penyakit akan lebih lambat. Kondisi ini bisa bertambah parah jika Kamu stres. Oleh karenanya, pastikan Kamu mengurangi aktivitas dan beristirahat dengan cukup. Istirahat diperlukan agar sistem kekebalan tubuh meningkat dan bisa melawan infeksi secara optimal sehingga proes penyembuhan berjalan dengan cepat.

6. Hindari Pemicunya

Meredakan tenggorokan gatal akibat alergi bisa dilakukan dengan menghindari pemicunya. Ada beberapa sumber alergi yang menyebabkan seseorang mengalami batuk dan tenggorokan gatal, seperti alergi bulu binatang, udara kering dan dingin, alergi makanan, serbuk sari, ataupun zat kimia lainnya. 

7. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tenggorokan yang kering dan gatal akan semakin parah bila cairan tubuh tidak terpenuhi. Kamu akan mengalami dehidrasi yang bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan, pastikan Kamu mengonsumsi cukup cairan. Selain air putih, Kamu dapat mengonsumsi jus buah tanpa gula, sup kaldu tulang, dan teh herbal yang dicampur dengan madu.

Tenggorokan gatal dan batuk sebenarnya dapat diatasi dengan cara-cara alami seperti di atas. Namun jika Kamu tidak menjaga pola makan, infeksi pada tenggorokan akan sulit diatasi.